DRAMA WAYANG SWARGALOKA: SUMPAH ABIMANYU

Februari 26, 2012
DRAMA WAYANG SWARGALOKA: SUMPAH ABIMANYU


Indonesia kaya akan seni tradisi dan budaya, salah satunya adalah seni pertunjukan wayang. Untuk merunut Seni Pertunjukan Wayang di Indonesia mungkin akan memakan waktu lama karena seni pertunjukan ini cukup mengakar dan digemari masyarakat sejak masa Hindu. Namun, seiring bergantinya waktu, kesenian wayang kian tenggelam terganti oleh jenis hiburan modern.

Untuk terus melestarikan pertujukan wayang di Indonesia maka yayasan wayang Indonesia Swargaloka Art and Culture Foundation menggelar The Indonesian Opera, Drama Wayang Swargaloka, cerita “Sumpah Abimanyu” pada 26 Februari 2012 di Teater Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pukul 15.30 WIB.

Program The Indonesia Opera kali ini mengangkat judul “Sumpah Abimanyu”, sebuah kisah yang dipetik dari karya Mahabarata.  Abimanyu adalah kesatria muda yang telah terdidik menjadi seorang prajurit sejati.  Masa kecilnya penuh penderitaan yang membuat langkahnya semakin pasti karena berbekal laku brata. Perseteruan Pandawa dan Kurawa yang tak kunjung berakhir menjadi catatan dalam benak Abimanyu, diapun telah memastikan esok prahara itu pasti terjadi, cepat atau lambat. Akhirnya Abimanyu harus mengangkat senjata ketika Bharatayuda terjadi. Meski hari itu bukan saat yang tepat Abimanyu ke medan laga namun sebagai seorang kesatria sejati harus memutuskan untuk maju ke medan laga. Abimanyu mengerti dia harus berhadapan dengan Durna, Karna, Duryudana, Adipati Sindu dan senopati Kurawa lainnya. Tekadnya sudah bulat menyelamatkan Prabu Puntadewa dari kepungan musuh dan itu harus dibayar mahal. Tentara Kurawa akhirnya mengepung Abimanyu yang terlepas dari pengawalan prajurit Pandawa. Diantara hidup dan mati Abimanyu berkata lirih “Aku jemput kematian itu dengan ketulusan dan suka cita, tak ada derita, tak ada penyesalan. Mungkin aku mati kali ini namun semangatku tak pernah padam dan akan terpatri dalam jiwa kesatria Pandawa”.

The Indonesian Opera adalah kreasi seni wayang orang garapan baru berbahasa Indonesia yang memadukan konsep wayang orang tradisional dan drama modern tanpa menghilangkan ciri khasnya yang antara lain memuat unsur seni tari, seni peran, seni suara, dan seni rupa. Pimpinan produksi pergelaran Drama Wayang Swargaloka: “Sumpah Abimanyu” adalah Suryandoro, Desain Produksi : Dewi Sulastri. Naskah & Sutradara : Irwan Riyadi, Penata Musik : Dedek Wahyudi, Penata Tari : Dewi S, Trian Hp.

Untuk info pembelian tiket bisa menghubungi nomor berikut ini.
Senawangi : 021 - 877 993 88 dan 081 516 008 31
Swargaloka : 021 - 982 527 22 dan 085 213 428 145

Informasi lebih lanjut silakan klik: www.indonesiakaya.com

Link Terkait

Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.