KATUMBIRI EXPO 2011: PAMERAN RAGAM PRODUK WARISAN BUDAYA DAN KEKAYAAN INTELEKTUAL

Desember 07, 2011
Selain keindahan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi, Indonesia juga memiliki berbagai ragam produk unggulan berbasis warisan budaya, kearifan lokal, dan kekayaan intelektual. Produk-produk unggulan tersebut banyak yang berasal dari industri rumahan yang dijalankan kaum perempuan.



Untuk itulah maka digelar Katamburi Expo 2011 pada 7-11 Desember 2011 di Cendrawasih Room & Main Lobby, Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara ini bertujuan mendukung perkembangan wanita di dunia ekonomi kreatif dan dalam rangka dalam rangka hari Ibu ke-83.



Katumbiri Expo 2011 akan menampilkan pameran berbagai produk kreatif yang berkualitas dari 150 pengusaha UKM berbagai daerah. Hasil kerajinan tersebut sebagian besar diikuti kaum perempuan dari berbagai daerah yang berjumlah sekitar 110 peserta.



Sesuai dengan namanya yaitu katumbiri yang berarti pelangi, pameran ini menampilkan warna warni indah beragam karya di 150 stand unggulan produk yang dibagi menjadi anjungan tematik seperti keris, batik, perhiasan. Ada pula zona produk kerajinan tekstil, fashion, aksesoris, dan interior.  Zona lainnya adalah untuk produk herbal, spa, dan kosmetika berbasis tradisi dan kearifan lokal. Akan ditampilkan juga demo membatik, menenun, dan pembuatan gerabah. Selain itu, akan menampilkan pula sejumlah karya fotografi dari Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono yang beberapa tahun terakhir ini ditekuninya.



Pameran Katumbiri diharapkan dapat mendorong kreativitas perempuan untuk mewujudkan kesetaraan dan menjadi parameter keberhasilan kaum perempuan dalam membentuk kemandirian, meningkatkan kualitas hidup, dan untuk mencapai kemitraan gender yang berkeadilan.



Katumbiri Expo 2011 diharakan dapat menjadi parameter keberhasilan kaum perempuan dalam membentuk kemandirian, meningkatkan kualitas hidup, dan berupaya untuk mencapai kemitraan yang sejajar dan berkeadilan. Kontribusi perempuan dalam konteks ekonomi keluarga sangat signifikan terutama  usaha mikro dan kecil sehingga mereka patut mendapatkan keadilan untuk mengakses pasar dari hasil produksinya.



Pameran ini diharapkan  membuka pasar dimana potential buyer datang melihat beragam produk kreatif perempuan. Usaha mikro dan kecil banyak memerlukan bantuan akses pasar dimana selama ini seringkali produk berkualitas yang layak dipasarkan secara luas terbentur karena tidak adanya jejaring pemasaran yang baik.



Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

PT. Misty Total Media
Tebet Timur Dalam Raya No. 52 A Jakarta 12820
Telp. 021-8370 1142/831 1205/831 3216
Fax. 021 829 0092
Website            : www.mistyconnexion.com
Mobile              : 085224338354
Email               : tami@mistyconnexion.com / utami.sd@gmail.com


Utami Septi Dewi (Project Officer)
Mobile              : 085224338354
Email               : tami@mistyconnexion.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.