SEA GAMES KE-26 DI PALEMBANG DAN JAKARTA

November 11, 2011
Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia Tenggara tahun ini. SEA GAMES ke-26 akan berlangsung pada 11-22 November di dua kota, yaitu Palembang, Sumatera Selatan, dan Jakarta. 


Kesempatan ini akan menjadi yang keempat kalinya bagi Indonesia menjadi tuan rumah setelah SEA Games X 1979, SEA Games XV 1987, dan SEA Games XIX  1997.


Lokasi penyelenggaraan SEA Games yang ke-26 di Palembang akan dipusatkan di Kompleks Olahraga Jakabaring yang memiliki luas 45 ribu meter persegi. Kompleks olahraga ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dan berstandar internasional dengan daya tampung 40.000 penonton.


Sementara untuk di Jakarta, kompetisi akan dipusatkan di kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK). GBK merupakan kompleks olahraga terbesar dan tertua di Indonesia dan pernah menjadi tempat perhelatan SEA Games sebelumnya. Stadionnya sendiri memiliki kapasitas tempat duduk lebih dari 80.000 penonton.


SEA Games Organizing Committee (INASOC) menjanjikan bahwa perhelatan dan pembukaan SEA Games tahun ini tidak akan terlupakan. Dijadwalkan berlangsung di sepanjang tepi Sungai Musi dengan upacara pembukaan spektakuler pada 11 November 2011.


SEA Games adalah pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yang melibatkan peserta dari 11 negara di Asia Tenggara antara lain: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.


Rangkaian acara olahraga regional ini berada di bawah pengawasan Southeast Asian Games Federation, International Olympic Committee (IOC) dan Olympic Council of Asia. 


SEA Games ke-26 akan memperebutkan 542 medali emas dari 44 cabang olahraga. Palembang akan menghelat sebanyak 296 pertandingan, sedangkan Jakarta akan menghelat 266 pertandingan. Sebagai tuan rumah utama, Palembang hanya akan menghelat 21 cabang olahraga dari total 44 cabang olahraga yang dipertandingkan, sedangkan sisanya akan diselenggarakan di Jakarta. 

Untuk informasi lebih lengkap termasuk jadwal pertandingan silakan kunjungi website resmi SEA Games berikut ini. http://www.seag2011.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.