PERNIKAHAH AGUNG KELUARGA KESULTANAN YOGYAKARTA HADININGRAT

Oktober 16, 2011
Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat tahun ini akan menggelar pernikahan agung anggota keluarga keraton yaitu Gusti Raden Ajeng (GRAj) Nur Astuti Wijareni (putri bungsu Sultan Yogyakarta) dan Achmad Ubaidillah yang berasal dari Lampung, Sumatera. Perayaan tersebut akan berlangsung selama empat hari pada 16 - 19 Oktober 2011. Upacara pernikahan sendiri dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 18 Oktober, 2011.



Puncak perayaan upacara pada 18 Oktober akan mencakup serangkaian ritual tradisional dimulai dengan upacara Panggih (pertemuan pengantin perempuan dan pengantin pria). Kemudian upacara Ijab qabul yang akan berlangsung di Masjid Penenpen pukul 07.30 pagi. Pengantin akan diberangkatkan dari Keraton menggunakan Kereta Kanjeng Kyai Jongjiwat yang ditarik enam kuda.



Pernikahah Agung Keluarga Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat tersebut bertepatan dengan perayaan ulang tahun Yogyakarta ke-255 yang puncaknya akan dirayakan dalam Jogja Java Carnival pada 22 Oktober. Acaranya akan diisi parade keajaiban dunia, pertunjukan seni, dan penampilan kelompok seni mancanegara.



Pernikahan agung ini akan menjadi event budaya berupa pesta rakyat dimana konsepnya berunsur pariwisata dan akan dipromosikan ke luar negeri. Lebih dari 200 wartawan lokal, media nasional dan internasional akan meliput peristiwa megah ini.



Rencananya akan ada layar lebar di seputaran kota agar masyarakat bisa menyaksikan pernikahan mereka. Acara ini akan diselenggarakan besar-besaran dan diharapkan mengundang minat wisatawan. Kedua mempelai menyebarkan 1.500 undangan termasuk untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, pejabat negara, duta besar negara asing, dan utusan kesultanan dari seluruh Nusantara.



Pesta penikahan tersebut akan menampilkan kekayaan tradisi Jawa dan budaya yang telah terpelihara sejak lama di dalam kesultanan. Nuansa acara pernikanan akan didominasi warna putih-oranye selama ijab qabuldan putih-hijau selama resepsi pernikahan di malam harinya. Oranye adalah warna favorit GRAj Nur Astuti Wijareni sementara warna hijau adalah warna Istana Yogya.



Acaranya akan dilangsungkan di Bangsal Kepatihan Komplek Kantor Gubernur DIY di Jalan Malioboro. Setelah acara resepsi, keluarga besar akan mengadakan acara Ngunduh Mantu pada 20 November 2011 di Gedung Sampoerna Strategic.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.