ASEAN ART EXHIBITION DI MUSEUM PASIFIKA, NUSA DUA, BALI

Oktober 24, 2011


Dalam rangkaian kegiatan KTT ASEAN ke-19 dan ASEAN Fair yang sedang berlangsung di Bali, Museum Pasifika menghelat Asean Art Exhibition bertempat di Nusa Dua, Bali pada 24 Oktober sampai 23 November 2011. Pameran ini terbuka untuk umum selama satu bulan penuh sampai 23 November. Pameran ini akan menggambarkan kepada Anda bagaimaan kesatuan dalam keragaman kawasan ASEAN.


Pameran Seni ASEAN ini menyajikan karya seni yang mewakili 10 negara anggota ASEAN, yaitu: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. Masing- masing negara mengirim dua seniman baik yang berasal dari negara ASEAN itu sendiri ataupun seniman yang mempunyai hubungan yang cukup lama dengan negara tersebut. Beberapa di antaranya adalah Lee Man Fong, Georges Groslier dan Antonio Blanco, mewakili dua negara. Sementara itu, Indonesia sebagai tuan rumah diwakili karya lukisan dan patung dari seniman asal Indonesia maupun seniman asing yang pernah berkunjung ke Indonesia.


Pameran Seni ASEAN lebih dari sekadar pameran. Pameran ini adalah sebuah pernyataan tanpa kata-kata yang diekspresikan melalui jiwa dan kuas seniman yang karyanya menyatukan budaya negara-negara ASEAN dalam satu spirit kebersamaan dan komunitas.


Spektrum gaya yang dihadirkan seniman ini beraneka ragam, mulai  dari naturalis sampai kontemporer. Gaya seni ini sekaligus mencerminkan pilihan individu serta perbedaan dalam perjalanan sejarahnya.


Berdiri sejak tahun 2006, Museum Pasifika menawarkan visi dari dua wilayah besar dunia, Asia dan Pasifik. Wilayah ini menggambarkan posisi unik di Indonesia dan Bali pada titik pertemuannya. Koleksi seni utama dari kepulauan Pasifik di Museum Pasifika adalah salah satu yang paling lengkap di dunia. 


Berbagai karya seni akan dipamerkan dengan tema tertentu dalam 11 ruangan. Tersaji perjalanan seni menarik dari wilayah yang mencakup 10 negara ASEAN, Melanesia dan Polynesia Pasifik, serta beberapa area lainnya seperti Asia Selatan dan Timur (India, Jepang, Cina). 


Art Exhibition ini diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini juga menjadi bagian dari ASEAN Fair yang resmi dibuka Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada 24 Oktober 2011. 

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di alamat berikut.

http://whatsnewbali.com/10781-18-asean-art-exhibition-at-museum-pasifika
http://www.museum-pasifika.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.