SAIL WAKATOBI: MELESTARIKAN SAMUDERA UNTUK MASA DEPAN

Agustus 10, 2011
Tahun ini, Pulau Wakatobi di bagian timur Indonesia bersama dengan Pulau Belitung di Sumatera Selatan dipilih menjadi tuan rumah Sail Indonesia Yacht Rally yang telah dimulai dari Darwin, Australia pada 23 Juli yang lalu. (lihat: Sail Indonesia). Untuk tujuan tersebut, mega event tersebut dinamakan "Sail Wakatobi-Belitong 2011". Kedua destinasi tersebut merupakan surga bawah air yang masih terjaga kealamiannya.

Meskipun mayoritas peserta Yacht Rally diharapkan berada di Wakatobi pada pertengahan Agustus tetapi kegiatannya sudah dimulai sejak Mei lalu. Puncak kegiatan acara ini akan berlangsung pada Agustus  untuk menyambut peserta Rally ke Wakatobi.

Acara Sail Wakatobi-Belitong 2011 dikembangkan untuk menarik perhatian nasional dan internasional berkaitan kepentingan pasokan pangan dan sumber daya mineral yang berkelanjutan. Harapannya adalah melestarikan kehidupan bawah laut dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global.

Acara Sail Wakatobi membawa tema “Clean Ocean for Future Life”. Ada juga seminar tentang Segitiga Karang, kegiatan pembersihan kawasan pantai oleh pemuda, fotografi bawah air, pembukaan sekolah untuk Pengelolaan Kawasan Perlindungan Laut, pertunjukan budaya, dan pengobatan gratis dari pihak Angkatan Laut untuk warga Wakatobi.



10–17 Agustus 2011: Wakatobi Photo Exhibition

Pameran Foto Wakatobi dijadwalkan berlangsung pada 10-17 Agustus di Gedung Wanita, Pulau Wangi-Wangi. Pameran ini menampilkan keindahan alam dan budaya Wakatobi dalam foto termasuk pemenang dalam Lomba Foto Bawah Laut Wakatobi yang diadakan pada Juli lalu.



17 Agustus 2011: Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Bawah Laut

Pada 17 Agustus, perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Wakatobi akan melakukan upacara khusus di dasar laut. Selain dihadiri penyelam profesional, acara juga akan dihadiri peserta Sail Indonesia, Angkatan Laut Indonesia, dan masyarakat umum. Upacara akan diadakan di Situs Dive Sombu di Wangi-Wangi.



Pernikahan Masal di Bawah Laut

Setelah peringatan resmi Hari Kemerdekaan 17 Agustus, dasar laut Wakatobi akan menjadi altar untuk 30 pasangan yang akan mengambil sumpah pernikahan mereka dalam sebuah upacara besar pernikahan bawah laut pertama di Indonesia.



Watersports Fiesta & Competition

Pada 24 Agustus 2011, Pantai Waha di Sombu, Wakatobi, akan menjadi lokasi kompetisi olahraga air seperti boat races dan renang. Acara ini rencananya akan dihadiri menteri pemuda dan olahraga. 



Seremoni Sail Wakatobi - Belitung  

Pada 27 Agustus 2011, peserta Sail Indonesia akan berangkat dari Wakatobi menuju barat ke Belitung. Akan ada upacara khusus di pelabuhan ferry Wanci dimana bayi kura-kura akan dilepaskan kembali ke laut dan pertunjukkan seni dan budaya yang diadakan oleh penduduk setempat. Kesempatan ini diharapkan akan dihadiri Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada acara tersebut sekaligus menandai pembukaan resmi School for Marine for Protected Area Management dimana pengunjung akan disajikan berbagai tarian tradisional dan pertunjukan musik di alun-alun Lapangan Merdeka di Wangi-Wangi.





Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi  link berikut.

Destinasi Wakatobi

www.sulawesi-experience.com

www.wakatobi.info



Foto Courtesy: www.wakatobi.info

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.