FESTIVAL JAMU 2011: SEGAR, BUGAR, DAN AYU DENGAN JAMU

Juli 20, 2011

Dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap jamu sebagai tanaman obat Nusantara maka akan digelar Festival Jamu 2011 di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Acara yang pertama kali digelar di Indonesia ini akan berlangsung pada 20-24 Juli 2011. Kegiatan tersebut juga menampilkan pameran minuman suplemen, kecantikan, spa, dan kosmetik.

Festival Jamu 2011 mengambil tema "Segar, Bugar, dan Ayu dengan Jamu". Retno Setyowati, selaku salah satu panitia, mengatakan bahwa festival ini akan dikemas menarik. "Beberapa kegiatan akan mengandung unsur jamu, di antaranya pameran tanaman obat dan produk olahannya, lomba meracik jamu, dialog interaktif para pakar jamu, serta lomba menggambar. Bahkan dalam festival tersebut akan diadakan perayaan hari Krida Pertanian yang ke-39."

Kegiatan ini juga menyelenggarakan beberapa kegiatan lainnya seperti lomba cerdas cermat, menggambar, meracik jamu, menanam sayur dalam polibag. Ada juga lomba memasak pada hari Kamis hingga Minggu (21-24/7). Masyarakat Yogyakarta juga diajak untuk Sepeda Gembira “Mubeng Beteng Kraton” pada Sabtu, (23/7). Akan ada 300 peserta dari dinas terkait dan umum, pameran tanaman obat dan produk olahan, seminar, wisata, bursa hasil olahan tanaman obat, dan aneka lomba.

Untuk acara pameran tanaman obat dan produk olahan akan diikuti 35 stand meliputi 22 pengusaha jamu dan 13 provinsi daerah sentra tanaman obat. Peserta tesebut berasal dari daerah: DIY, Bengkulu, NAD, Riau, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, Banten, serta Bali.

Dalam seminar akan menghadirkan Nyoman Kertia (Fak. Kedokteran UGM), dr. Hardly (Dokter Kepresidenan), Djoko Santoso (Fak. Farmasi UGM), Mulyono (GM Perhutani Jateng), serta Gusti Bendara Raden Ayu (GBRAy) Murdokusumo (Kerabat Kraton).

Festival Jamu 2011 juga akan didukung acara Wisata Festival Jamu pada Sabtu (23/7) dengan mengajak berwisata ke Keraton Yogyakarta, kawasan erupsi Gunung Merapi, dan Candi Prambanan.



Untuk informasi lebih lanjut silakan klik:

http://festivaljamu2011.blogspot.com/



Foto Courtesy : Tejo Aribowo/Fotokita.net

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.