Festival Bee-Kun di Semarang

Juli 30, 2011
Datanglah ke kota Semarang pada hari ke-30 bulan ke-6 penanggalan China atau tepatnya pada 30 Juli 2011. Di hari tersebut akan ada momen spesial yaitu perayaan Sam Poo Kong atau sering disebut juga Festival Bee-Kun. Tahun ini merupakan Festival Bee-Kun pertama di dunia. Setiap orang, terlepas dari agama, etnis dan asal-usulnya, dipersilahkan berpartisipasi dalam Festival Bee-Kun yang pertama kali di dunia ini.

Anda akan melihat ratusan tentara Bee-Kun atau pasukan berkuda dengan wajah yang dicat seperti karakter opera khas China. Acara ini diikuti 4.000 orang dengan 272 jenis topeng Bee-Kun kaos hitam dan ikat kepala yang telah disiapkan oleh penyelenggara bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam festival ini.

Parade ini dimulai dari kuil Tay Kak Sie dan berakhir di Kuil Sam Poo Kong. Ritual tersebut akan mengarak patung Sam Poo Kong dari Kuil Tay Kak Sie ke Kuil Gedung Batu, kemudian patung dari Kuil Tay Kak Sie akan ditempatkan di samping patung asli Sam Poo Kong di dalam Candi Gedung Batu.

Sebelum festival dimulai, ritual pemberkatan dan pertunjukan wayang kulit  akan diadakan pada 28 Juli. Pada hari berikutnya yaitu 29 Juli, juga akan ada sebuah upacara resmi pembukaan patung Laksamana Cheng Ho di Kuil Sam Poo Kong oleh gubernur Jawa Tengah dan dihadiri beberapa menteri.

Parade Sam Poo selalu menjadi momen khusus yang menarik antusiasme penduduk setempat dan pengunjung dari luar kota, bahkan wisatawan mancanegara. Jadi datanglah ke Semarang dan nikmati warna-warni kostum khas pasukan China zaman dulu.



Temukan informasi event ini lebih lanjut di alamat berikut.

m.suaramerdeka.com, www.cybernews.tv, http://kadinjateng.com, http://halosemarang.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.