FAQ'S

Januari 01, 2011

GEOGRAFI

Indonesia atau Nusantara adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan keragaman suku bangsa terbanyak di dunia. Nama Indonesia berasal dari dalam bahasa yunani, yaitu: indos yang artinya India dan nesos yang artinya pulau. Wilayah Indonesia terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil yang terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, dikelilingi oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta berada di pertemuan dua rangkaian pergunungan, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteran. 

Wilayah Indonesia meliputi kepulauan yang jumlahnya mencapai 13.466 pulau, berada di antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT - 141º BT. Wilayah Indonesia paling utara adalah Pulau Weh di Nanggroe Aceh Darussalam pada 6° LU, wilayah Indonesia paling berada di Pulau Roti di Nusa Tenggara Timur pada 11° LS, wilayah Indonesia paling barat adalah di ujung utara pulau Sumatera pada 95° BT, serta wilayah Indonesia paling timur berada di Kota Merauke pada 141° BT. 

Indonesia masuk dalam kawasan Asia Tenggara dan sebagian kecil di Pasifik. Wilayahnya memanjang sekira 5.150 km antara Benua Australia dan Benua Asia. Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini, Timor Timur, dan Malaysia. Negara tetangga lain termasuk Singapura, Filipina, Australia, dan Kepulauan Andaman serta Nicobar.

IKLIM

Iklim umum di Indonesia adalah tropis. Angin muson timur terjadi antara Juni sampai September yang mengakibatkan musim kemarau. Angin muson barat terjadi dari Desember sampai Maret yang menjadikan Indonesia lembab dan hadirnya musim hujan. Periode transisi antara dua musim ini diselingi curah hujan namun bahkan di pertengahan musim angin muson barat, suhu udara berkisar antara 21 derajat celcius sampai 33 derajat celcius kecuali di ketinggian akan lebih sejuk. Curah hujan deras terjadi pada Desember dan Januari dengan tingkat kelembaban antara 60-100%.

BAHASA

Ada lebih dari 583 bahasa dan dialek di Indonesia yang dimiliki 350 kelompok etnik berbeda. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dengan tulisan Latin dan berdasarkan ortografi Eropa. Bahasa Indonesia dan sekira 300 bahasa daerah yang masih aktif digunakan. Bahasa Inggris lazim digunakan terutama di kota besar. testing

KULINER

Makanan pokok orang Indonesia umumnya adalah nasi. Di beberapa daerah di bagian timur makanan pokoknya adalah jagung, sagu, ketela dan ubi. Ikan biasanya diolah dengan cara diasinkan, dikeringkan, diasap, dibuat pasta atau dimakan mentah. Kelapa dapat ditemukan dimana-mana dan selain digunakan sebagai minyak kelapa untuk menggoreng, santannya digunakan untuk memasak. Rempah-rempah dan cabai adalah bumbu terpenting dalam memasak dan di beberapa daerah bumbu tersebut banyak menjadi bumbu utama. 

Setiap provinsi atau daerah memiliki makanan khasnya masing-masing yang cara pembuatannya dan bahan-bahannya berbeda. Makanan khas Jawa mungkin tidak asing di lidah kebanyakan masyarakat Indonesia, makanannya biasanya terdiri dari sayuran, kecap, daging sapi, ayam, dan daging lain. Masyarakat Sumatera biasanya mengkonsumsi daging lebih banyak dibanding daerah lain. Sumatera Barat terkenal akan restoran padangnya yang dapat ditemukan hampir di seluruh daerah. Ke arah timur, makanan olahan laut dijadikan makanan utama, sebagian ada yang dibuat kari. Di Bali, Papua, dan di dataran tinggi Sumatera Utara serta Sulawesi Utara, daging babi menjadi makanan yang disukai. Terdapat berbagai macam buah-buahan dan sayuran tropis dan sub tropis yang tumbuh sepanjang tahun.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.