LOMBOK

LOMBOK


Dengan pantai-pantai yang indah nan ajaib, Gunung Agung Rinjani dan kehidupan laut spektakuler yang menarik untuk dijelajah, pulau lombok di Nusa Tenggara Barat memiliki banyak destinasi wisata baik di darat maupun di laut. Tidak heran jika Lombok adalah destinasi terpopuler di Nusa Tenggara Barat

Berkunjunglah ke sini untuk berselancar merasakan ombak besar di pesisir selatan. Tantang nyali Anda dengan mendaki puncak gunung vulkanik. Sewalah sepeda dan sepeda motor untuk berkeliling di sepanjang jalanan ladang padi. Dimana saja Anda ingin meghabiskan waktu, Anda tidak akan kecewa dengan kecantikan alam yang spektakuler di sini.

Resor terbesar di sini adalah Senggigi, kota pelabuhan yang berada di pesisir pelabuhan yang menyediakan pemandangan matahari tenggelam berwarna emas yang luar biasa di Bali. Pemandangan sunset yang luar bisa ini sangat tepat dinikmati dengan secangkir minuman yang tersedia di restoran depan laut.

Pengunjung lain di Lombok memilih untuk menghabiskan waktu mereka di pulau Gili-gili, pulau tropis yang terpencil dengan pantai-pantai yang luar biasa indahnya dan lingkungan sekitar yang mewah

Penduduk asli lombok adalah Sasak, Lombok juga rumah bagi umat Hindu Bali dan juga sejumlah orang Cina, Jawa, Bugis dan Arab.

Sejumlah orang Sasak menganut kepercayaan Islam Wektu Telu yang didefinisikann sebagai “Islam tiga waktu” merujuk pada  salat mereka yang 3 kali sehari dan berbeda dengan  umat Islam yang salat 5 kali sehari. Wektu Telu adalah agama yang unik yang menggabungkan tradisi dan kepercayaan Islam kuno, kepercayaan ini hanya ditemukan di Lombok Utara. Mereka yang menjalani keyakinan ini adalah penganut agama Islam tapi sekaligus menjalani ritual-ritual tradisional. Contohnya seperti upacara Nyiu yang diadakan setelah seratus hari seseorang meninggal. Keluarga orang yang meninggal mempersembahkan seperti pakaian, sikat gigi dan makanan sehingga orang yang sudah meninggal akan tenang dalam surga.

Festival Agama lainnya diperingati pada awal musim hujan (Oktober-Desember) atau musim panen (April-Mei) dengan selebrasi di desa-desa di seluruh pulau.

Budaya Sasak sangat penting untuk kekuatan dan keahlian fisik dan banyak adat lokal mereflesika kebudayaan ini. Peresehan adalah salah satu tradisi lokal yang menggabungkan pertarungan antara dua pria yang menggunakan rotan panjang dan perisai kecil berbentuk bujung sangkar dari kulit sapi.

Musik dan tarian sangat penting dalam budaya Sasak. Tarian tradisional ditarikan selama upacara-upacara penting. Tarian ini berasal dari tari perang, seperti Gendang Beleq (drum besar) sampai Cupak Gerantang yang populer yang menceritakan kisah cinta dan romansa.

Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi:  www.visitlomboksumbawa.net


KULINER

Beberapa tempat populer untuk berburu kuliner terletak di Senggigi. Di sini Anda bisa mendapatkan makanan dari mulai makanan Indonesia sampai masakan Barat.

Jika Anda tidak bermasalah dengan makanan pedas, cobalah beberapa makanan Lombok yang bercita rasa pedas. Ayam Taliwang adalah ayam bakar dengan sambal pedas dan dilengkap dengan sayuran.

Masakan Sasak seperti ikan air tawar dan sate juga sangat terkenal.

BERBELANJA

Ingin membawa suvenir liburan ke rumah? Lombok sangat terkenal dengan mutiaranya, anyaman, keramik dan kain hasil anyaman seperti songket dan ikat.

Pilihlah beberapa hasil kerajinan tangan di toko-toko di Jl Raya Senggigi, Mataram. Kunjugi hasil tenunan di Rinjani atau manjakan diri Anda dengan berbelanja beberapa perabotan di Galeria Noa.

Jika Anda tertarik dengan kerajinan keramik, kunjungilah desa Banyumulek, pusat kerajinan keramik dekat Mataram. Disini Anda akan melihat pot-pot berukir indah dan juga termos air.Belilah beberapa kain produksi lokal dan lihat kain tenun di tempatnya. Kain unik ini dapat dikenakan sebagai sarung, tirai dan taplak meja. Setiap disain memiliki keunikanya masing-masing dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Bagi mereka yang menyukai perhiasan, Lombok terkenal dengan produksi mutiara terbaiknya. Festival Mutiara Lombok-Sumbawa tahunan adalah waktu yang tepat untuk berkunjung dan memilih beberapa mutiara yang indah.

Salah satu area yang terkenal untuk berbelanja barang-barang antik terletak di Jl Yos Sudarso dimana Anda akan melihat peti bambu tradisional sampai perhiasan dari tulang dan patung kayu.Bertais adalah pasar harian terbesar di Lombok yang menjual buah-buahan dan sayuran segar sampai segala jenis bumbu dan artefak lokal.

Gem  PearlsJl. Raya Meninting 69, Senggigi, LombokEmail: dewi_gempearls@yahoo.comTelp : 0370 647300

AKOMODASI

Ada banyak pilihan akomodasi di Lombok dari mulai yang murah sampai dengan resor mewah. Umumnya hotel-hotel terletak di Senggigi.

Musim ramai wisatawan adalah bulan Juni-Agustus jadi jika Anda berencana untuk berkunjung ke Lombok, pastikan Anda memesan terlebih dahulu.Untuk informasi lebih lanjut lihat cari hotel.

KEGIATAN

Tantang nyali Anda dengan mendaki ketinggian gunung Rinjani. Di ketinggian lebih dari 3,700 meter di atas permukaan laut, pendakian gunung vulkanik megah ini akan memakan waktu setidaknya tiga hari dan tidak disarankan bagi penderita ganguan jantung. Begitu tiba di pucak keletihan Anda akan dibayar dengan pemandangan alam Indonesia yang luar biasa.Rasakan pasir pantai di telapak kaki Anda dan berenang di air pantai Kuta yang berkilau di Selatan Lombok. Pasir putih dan pemandangan samudra yang spektakuler di sini menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang laur biasa. Kunjungi Kuta selama Nyale Fishing Festival tahunan, biasanya diadakan pada bulan Februari atau Maret dan nikmati perayaan dan prosesi berwarnanya.

Jelajahi teluk kecil tak berpenghuni dekat pantai utara Senggigi dimana Anda hanya ditemani oleh nelayan yang aneh.

Berjemur dan berselancar di pantai Batu Bolong yang indah. Pantai ini mengambil nama dari batu-batu besar dengan lobang di tengahnya. Pastikan Anda merasakan sunset yang luar biasa indah ketika matahari mulai tenggelam di gunung Agung Bali dengan warna menyala yang luar biasa.

Pelajari tentang sejarah lokal dan kunjungi Istana Air Meruya di Mataram, ibu kota Lombok. Tempat ini dibangun pada 1744 dan dahulu merupakan tempat perang berdarah antara Belanda dan penduduk Bali pada akhir abad ke 19.

Rasakan ketenangan candi Lombok terbesar, Pura Meru, terletak dibelakang Taman Air. Candi yang berabad-abad ini didedikasikan pada Trimurti Hindu Brahma, Vhisnu, dan Shiva.Kunjungi Pura Lingsar yang unik, candi kombinasi antara Bali Hindu dan keyakinan Wektu Telu dalam satu komplek.

Berkeliling dan berbelanja di pasar kota Surandi yang memukau. Ada beberapa tempat piknik yang indah untuk bersantai dan beristirahat.

Selami budaya Sasak dengan berkunjung ke desa Batu Kumbung, di timur laut Mataram. Di desa tradisional ini Anda akan menemukan para wanita mengayam kain tenun seperti yang dilakukan nenek moyang mereka berabad-abad lalu.

Uji keberuntungan Anda dengan berkunjung ke pacuan kuda di lapangan Salakalas. Perlombaan diadakan setiap hari minggu. Saksikan joki muda dalam kompetisi yang ketat sampai garis akhir dimana pemenang akan memberika senyuman kemenanganya. Perlombaan ini sangat penting jadi malam sebelum perlombaan, para penduduk desa akan memijat kuda mereka dan terkadang memainkan musik gamelan untuk menenangkan kuda-kuda.


BERKELILING
Bentuk transportasi di pulau ini berupa bus dan bemo(minibus kecil). Terminal bus utama adalah Mandalika terletak di Bertais.

Menyewa mobil atau sepeda motor adalah cara terbaik untuk menjelajah pulau ini. Anda dapat menyewa mobil dan sepeda morot di Senggigi. Hotel dan agen perjalanan menawarkan harga yang bersaing untuk penyewaan mobil dan sepeda motor.

Jika Anda sudah menyewa sepeda  motor di Bali, Anda bisa membawanya ke Lombok dengan mengunakan kapal ferry.

Untuk mendapatkan pengalaman lokal, nikmati perjalanan Anda dengan mengendarai cidomo atau andong. Jenis transportasi lokal ini munkin bukan cara tercepat untuk berkeliling tapi cara terbaik untuk menikmati pemandangan sekitar.

Grup taksi Bluebrid yang beroperasi di Lombok.

LOMBOK TAKSI & GOLDEN BIRD
Jl. Koperasi No. 102 Ampenan, Lombok Barat NTB.
Telp:+62(370)627000, 645000 
Fax:+62(370)623972
E-mail : lomboktaksi@mataram.wasantara.net.id

TRANSPORTASI
Perjalanan udara: ada banyak penerbangan harian antara Denpasar, Bali ke Lombok, Mataram. Bandara Selaparang Lombok terletak di bagian utara Mataram.

Penerbangan yang terbang ke Lombok:
Garuda
Lion Air
Merpati
Silk Air 
Batavia Air
Trans Nusa 

Penerbangan ke Lombok dari Jakarta dilayani oleh Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air dan Batavia. Laion Air dan Batavia Air transit terlebih dahulu di Surabaya. Sedangkan dari Denpasar(Bali) ke Mataram(Lombok) Trans Nusa(Trigana Air), Transportasi Udara Indonesia dan Merpati bersama-sama mengoperasikan 8 penerbangan.

Penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dilayani oleh Merpati yang mengambil rute: Kuala Lumpur-Surabaya-Mataram, sedangkan Silk Air terbang dari Singapura-Mataram tiga kali seminggu. Garuda juga memiliki penerbangan dari Kuala Lumpur ke Lombok. Bandara internasional baru mungkin akan dibuka di Lombok Tengah di akhir tahun 2010.

Perjalanan laut: kapal ferry berangkat dari Padang bai (Bali) dan Lembar (Lombok) dua kali sehari. Perjalanan memakan waktu selama 4 jam. Sepeda motor dan mobil dapat dibawa dengan ferry. Jika Anda cenderung mabuk laut berhati-hatilah karena perjalanan terkadang tidak mulus.

Kapal ferry berangkat dua kali sehari antara Labuhan Lombok dan Poto Tano di Sumbawa selama satu setengah jam.

Dengan kapal cepat: Blue Water Safari mengoperasikan kapal cepat dari Bali ke Lombok, kepulauan Gili dan Pulau Lebong.

Untuk informasi lebih lanjut untuk berkunjung ke Lombok tersedia di Network Lombok. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.