KALIADEM

Agustus 01, 2017
KALIADEM

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Gunung ini terakhir kali meletus tahun 2010 yang memuntahkan semburan awan panas dan jutaan kubik material vulkanik. Bencana dasyat tersebut telah memakan banyak korban jiwa dan kehilangan harta benda. Lebih dari itu bencana ini juga telah memusnahkan hampir seluruh daerah di sekitarnya.

Kaliadem berjarak sekira 30 km dari Kota Yogyakarta ke arah utara. Daerah ini merupakan sungai atau ngarai aliran lahar yang terletak di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta. Sebelum mendaki Gunung Merapi, Anda akan melewati kawasan Kaliadem ini.  Kaliadem bersuhu sejuk dengan udara yang sedikit dingin. Sebelum diterjang material vulkanik Gunung Merapi, Kaliadem dahulu merupakan pemandangan hutan pinus yang hijau dan lebat. Akan tetapi, kini pemandangan tersebut sangat berbanding terbalik karena yang terlihat hanya pemadangan lahan kosong yang tertimbun oleh pasir dan bebatuan berbagai ukuran.

Saat bencana dahsyat itu melanda kawasan ini, jutaan kubik material vulkanik meluncur cepat dari puncak gunung dengan kecepatan sekira 70 km/jam. Luncuran material vulkanik tersebut menciptakan sebuah aliran berbentuk ngarai besar di Kaliadem yang sampai saat ini dapat Anda lihat sisa-sisanya.

Akant tetapi, seperti pepatah mengatakan bahwa selalu ada hal baik dari sebuah bencana maka hal itu terjadi di kawasan ini. Dahulu material vulkanik tersebut menjadi ancaman sangat berbahaya bagi masyarakat yang hidup di sekitar Gunung Merapi tetapi kini abu vulkanik dari Gunung Merapi tersebut memberikan kesuburan pada tanah di sekitar Kaliadem. Masyarakat sekitar memanfaatkan pasir vulkanik tersebut sebagai lahan untuk mecari nafkah. Tidak hanya itu, pemandangan di Kaliadem juga terlihat memesona. Anda dapat menyaksikan panorama lahan pasir dan bebatuan dengan berbagai bentuk. Sementara itu, di bagain lainnya terlihat pepohonan pinus yang dulu hangus kini mulai tumbuh kembali. Kaliadem berubah menjadi tujuan wisata alam tempat menikmati keindahan Gunung Merapi sekaligus menyaksikan bukti bahwa alam memiliki cara untuk menyeimbangkan dirinya.

Dari Kaliadem ini, Anda bisa menyaksikan betapa gagahnya Gunung Merapi yang terlihat begitu memesona apalagi ketika cuaca sedang cerah. Ada pula hamparan pasir, bebatuan, lereng serta tebing yang curam menjadi bukti kedasyatan letusan Gunung Merapi. Di arah selatan Anda akan menyaksikan Kota Yogyakarta dari kejauhan.

Di sepanjang jalan menuju Kaliadem di lereng Gunung Merapi terdapat pedangan-pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan juga bunga edelwise yang telah dikeringkan. Di sebelah Barat Kali Adem yaitu di Dusun Kinahrejo terdapat makam juru kunci Gunung Merapi yang terkenal yaitu Mbah Marijan.


BERBELANJA

Di sepanjag jalan menuju Kaliadem terdapat pedagang yang menjual bunga edelwise yang telah dikeringkan dengan warna yang berragam. Anda juga bisa membeli foto dan VCD tentang kedahsyatan bencana letusan Gunung Merapi seharga Rp15.000,- sampai Rp50.000,-.

Untuk pilihan cenderamata, silakan pergi ke daerah Jalan Malioboro. Di sini Anda akan menemukan deratan pedangan yang menjual berbagai cenderamata dan makanan khas Yogyakarta. Di jalan ini juga terdapat Pasar Beringharjo, yaitu pasar yang menjual batik yang dijahit menjadi kemeja, baju tidur, sarung bantal, taplak meja, selendang, kebaya, dan masih banyak lagi. Apabila jika Anda pecinta barang-barang  yang terbuat dari perak, bergegaslah ke Kota Gede yang merupakan pusat kerajinan perak di Yogyakarta. 

AKOMODASI

Tidak ada hotel dan penginapan di sekitar Kaliadem. Wisatawan yang datang berkunjung ke Kaliadem umumnya merupakan wisatawan lanjutan dari dan ke Yogyakarta dan Merapi. Jadi biasanya mereka menginap di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Berikut bebera informasi hotel di Yogyakarta.

Hyatt Regency Hotel

 Jl. Palagan Tentara Pelajar, Sleman, Yogyakarta.

Telp: 0274-869123

Sheraton Mustika Hotel

 Jl. Laksda Adisucipto KM 8,7 Yogyakarta.

Telp: 0274-485085

Melia Purosani Hotel        

 Jl. Suryotomo No.31 Yogyakarta

Telp: 0274-589521

The Cangkringan Jogja Villas & Spa Hotel

 Jl. Raya Merapi Golf, Umbulharjo, Cangkringan, Yogyakarta.

Telp: 0274-898180

Grand Aston

 Jl. Urip Sumoharjo No.37 Yogyakarta

Telp: 0274-4566999

Royal Ambarrukmo

 Jl. Laksda Adisucipto No. 81 Yogyakarta

Telp: 0274-488488

Sahid Raya  

 Jl. Babarsari No.2, Caturtunggal,Depok, Sleman, Yogyakarta

Telp: 0274-488888

The Phoenix  

 Jl. Jend. Sudirman No.9 Yogyakarta

Telp: 0274-566617

The Jayakarta Hotel & Spa

 Jl. Laksda Adisucipto KM.8, Yogyakarta

Telp: 0274-488418

Yogyakarta Plaza

 Jl. Affandi-Gejayan, Komplek Colombo, Yogyakarta

Telp: 0274-584222

KEGIATAN

Menyaksikan sisa-sisa kedasyatan letusan Gunung Merapi di Kaliadem sebelum Anda mendaki Gunung Merapi menjadi pengalaman yang menarik. Hamparan pasir dan bebatuan berbagai ukuran serta tebing yang curam akan membuat Anda takjub bagaimana kedahsyatan bencana saat itu.

Sempatkan diri untuk berkunjung ke makam Mbah Marijan yang ada di Dusun Kinahrejo. Mbah Marijan adalah juru kunci Gunung Merapi, selama hidup ia sudah menjadikan Gunung Merapi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidupnya. Bahkan, saat status Gunung Merapi semakin rawan, ia tidak pergi meninggalkan Gunung Merapi. Pada letusan Gunung Merapi tahun 2010, Mbah Marijan menjadi salah satu korbannya dan dikenang sebagai sosok pemberani dan setia.

Anda juga bisa berkunjung ke Kawasan Wisata Bebeng yang terletak di sebelah timur Kaliurang. Kawasan wisata ini dulunya adalah daerah wisata konservasi. Para pecinta alam dan pelajar sering menggunakan kawasan ini sebagai tempat awal pendakian, atau sekedar berkemah. Tidak hanya digunakan sebagai lokasi awal pendakian dan berkemah, Bebeng memiliki pemandangan yang indah serta udara yang segar. Di sisi timur dibatasi oleh Sungai Gendol yang merupakan lokasi penambangan pasir.

Apabila Anda masih memiliki waktu cobalah berkunjung ke Kaliurang. Kawasan tersebut menawarkan pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Resor ini berada di dataran tinggi sekira 900 meter di atas permukaan laut. Merasakan udara sejuk menyentuh kulit Anda  merupakan salah satu hal yang bisa Anda dapatkan di tempat ini selain bersantai, berenang dan jalan-jalan. Kenyamanannya akan membuat Anda betah berlama-lama tinggal di tempat ini.



Tips
Sebelum Anda berkunjung ke resor Kaliurang, masukkan beberapa baju hangat ke dalam tas karena udara di sini cukup dingin.
Bawalah sepatu yang nyaman karena jalanan di sini belumlah mulus. Hindari daerah bahaya seperti tebing yang terjal dan curam saat pendakian dan bawa makanan dan minuman secukupnya.
Sebelum Anda berkunjung ke Kaliurang, ada baiknya jika Anda mencari informasi mengenai kondisi Gunung Merapi baik dari berbagai media. 

TRANSPORTASI
Penerbangan ke Yogyakarta tersedia setiap hari dari Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Selain udara, transportasi darat berupa bus dapat dipilih untuk datang ke Yogyakarta. 

Jarak Yogyakarta ke Kaliadem sekira 30 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau taxi. Angkutan umum jumlahnya terbatas dan tidak sampai ke Kaliadem tetapi mereka bisa mengantar Anda ke Kaliadem dengan biaya tambahan. Pilihan lain Anda bisa menyewa mobil Jeep atau motor trail melewati jalanannya yang cukup terjal. Cukup menantang tetapi juga mengasyikkan tentunya.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.