AGROWISATA TURI

AGROWISATA TURI

Turi adalah salah satu kawasan agrowisata di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak Turi berada di utara kota Yogyakarta dan memang telah dikenal sebagai daerah agrowisata dengan wisata nunasa alam yang sejuk serta memiliki perkebunan salak pondoh berkualitas. Mengunjungi kebun salak pondoh di Turi, Kabupaten Sleman, akan menjadi sebuah pilihan agrowisata yang menarik selepas Anda menyambangi Candi Borobudur, Candi Prambanan, atau wisata alam di Gunung Merapi.

Salak sendiri adalah salah satu buah tradisional khas Indonesia. Kulitnya berwarna coklat kehitaman dan bersisik, dagingnya cenderung berwarna kekuningan. Salak pondoh memiliki rasa yang manis dengan gaging buah bertekstur tebal dan lezat. Rasanya yang manis akan membuat Anda ketagihan. Salak pondoh sendiri ada berbagai jenis varian. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah pondoh super, pondoh hitam, pondoh gading, dan pondoh nglumut yang berukuran besar. 

Salak pondoh (Sallaca edulis Reinw cv Pondoh) di Turi telah ditanam sejak tahun 1917. Saat itu Jogoboyo Desa Kapanemon, Tempel, Sleman, bernama Partodirejo mendapatkan kenang-kenangan berupa empat butir biji salak dari seorang warga Belanda yang akan meninggalkan desa tersebut karena tugas kerjanya telah selesai. Biji salak tersebut kemudian ditanam dan dirawat dengan baik hingga mampu menghasilkan buah salak yang manis berbeda dengan rasa salak lainnya. Berikutnya tanaman salak tersebut dikembangkan hingga merambah ke luarwilayah Tempel, khususnya di daerah Sleman bahkan kini telah berkembang hampir di seluruh wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Salah pondoh juga terbilang menguntungkan karena selalu berbuah sepanjang tahun. Dalam satu tahun rata-rata salak pondoh berbuah 10 kg hingga 15 kg, dan itu tergantung perawatan khususnya. Selain mudah dibudidayakan salak pondoh juga dapat dipanen dalam jangka waktu yang pendek yaitu 3 kali dalam 3 pekan.


KULINER

Tidak ada restoran di sekitar perkebunan salak ini jadi Anda harus  membawa makanan dan minuman sendiri. Akan tetapi, Anda dapat mencoba makan di Moro Lejar, sekitar 3 kilometer dari Kaliurang. Di sini Anda dapat mencicipi ikan air tawar goreng yang renyah dan lezat.

AKOMODASI

Di sekitar kawasan ini belum ada penginapan sehingga Anda disarankan memilihnya di sekitan Jalan Palagan Tentara Pelajar. Jalan ini dilalui saat Anda akan menuju Turi.   Pilihan lebih beragam untuk akomodasi tentunya tersedia di Yogyakarta. Silahkan klik Cari Hotel.

KEGIATAN

Kebun salak pondoh di Turi, Kabupaten Sleman memiliki luas 27 hektar. Jelajahi perkebunan salak yang luar biasa ini dengan berjalan kaki. Di sini Anda dapat berpiknik sambil menikmati pemandangan, berfoto bersama teman atau keluarga, dan tentunya mencicipi manisnya salak pondoh dari pohonnya langsung. Anda juga dapat mengunjungi taman yang berisi beragam bunga indah termasuk anggrek dan berbagai tanaman obat-obatan.   Berbincanglah dengan dengan para petani salak pondoh di tempat ini dan Anda akan mendapatkan ilmu baru tentang bercocok tanam salak pondoh. Jenis pohon salak pondoh sendiri ada dua jenis, yaitu salak jantan yang hanya menghasilkan bunga dan salak betina yang menghasilkan buah yang diserbuki oleh bunga salak jantan. Proses penyerbukan ini biasanya dilakukan secara manual ketika bunga sudah mekar. Di sinilah kepiawan petani salak pondoh berbicara, setelah bunga betina diserbuk kemudian bunganya ditutupi daun agar tidak terkena angin hingga terjadi pembuahan. Untuk ukuran standar penyerbukan yang baik maka satu tandan buah bisa berisi 20-25 buah salak tetapi apabila kalau tidak baik maka biasanya hanya berisi 5 buah. Untuk tumbuh menjadi salak yang siap untuk dimakan salak butuh waktu sekitar 3 bulan hingga mencapai masa panen.   Di wilayah ini dikembangkan beberapa tujuan wisata untuk mengembangkan potensi masyarakat setempat. Beberapa di antaranya adalah agrowisata salak pondoh di Dusun Gadung, Desa Bangunkerto, desa wisata di Dusun Kembangarum, Desa Wonokerto, dan pembiakan kambing peranakan etawa di Dusun Nganggring, Desa Girikerto.   Di Desa Wonokerto terdapat wisata ritual yaitu Gua Semar, Kedung Cuwo, Sendang Pancuran, Pring Wali, dan Batu Tunggang.   Apabila Anda menggunakan mobil maka dapat mengunjungi Kaliurang, yaitu sebuah daerah wisata yang sejuk di mana Anda dapat melihat Gunung Merapi dari kejauhan.


Tips
• Beberapa hotel berbintang di Yogyakarta juga menawarkan penyewaan mobil sehingga Anda dapat lebih mudah menjagkau Turi di Sleman.

• Kunjungi perkebunan ini saat musim panen besar pada November sampai Januari. Saat itu bahkan harga salak dipasaran turun drastis dari harga pasaran yang sebenarnya. Anda dapapt juga menyambangi Turi saat masa panen sedang pada Juni sampai Juli. 

• Cara terbaik adalah mengunjungi perkebunan ini adalah pagi hari. Itu karena suhunya masih dingin dan Anda dapat langsung pergi ke Kaliurang untuk melihat Gunung Merapi. Apabila Anda datang ke Kaliurang pada siang hari maka kemungkinan Gunung Merapi tidak bisa terlihat karena tertutup awan.


TRANSPORTASI
Kecamatan Turi merupakan wilayah paling utara di Kabupaten Sleman dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta, Anda dapat menyewa mobil untuk menuju Turi di Kabupaten Sleman. Perjalanan akan memakan waktu sekira 30 menit. Apabila Anda kebetulan berada di Magelang maka dapat menyewa mobil ke tempat ini yang berjarak 20 kilometer. Anda juga dapat memanfaatkan bus dari Yogyakarta ke Magelang kemudian turun sebelum Rumah Sakit Murangan atau tepatnya di depan SMP 2 Sleman. Berikutnya Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Ngablak Square dan dari situ naiklah angkutan umum lain menuju Turi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.