PULAU TENGAH

Juli 18, 2017
PULAU TENGAH

Ada satu lagi pulau yang perlu Anda sambangi ketika berkunjung ke Karimunjawa, namanya Pulau Tengah. Pulau ini ukurannya tidak terlalu luas, hanya sekira 4 hektar saja, meskipun ukurannya kecil namun keindahannya sangatlah memukau baik apa yang ada di darat maupun di bawah perairannya.

Pulau Tengah merupakan salah satu dari sekian pulau yang tehampar di Karimunjawa. Jarak Pulau Tengah dari pulau utama yaitu Karimunjawa adalah  1,5 jam perjalanan dengan kapal motor. Pulau Tengah tepat berada di tengah-tengah laut sehingga bisa jadi itu yang menjadi asal mula pulau ini diberi nama Pulau Tengah. Di pulau ini sudah dibangun dermaga kecil dari kayu sehingga kapal-kapal kecil atau kapal nelayan dapat bersandar.

Keindahan Pulau Tengah sudah dikenal para pecinta pantai, terutama mereka yang pernah berkunjung ke Karimunjawa. Ketika berada di atas kapal dari kejauhan Pulau Tengah nampak indah apalagi begitu Anda tiba di pulaunya maka decak kagum pun terlontar. Keindahan alam dan kekayaan biota lautnya di pulau ini patut untuk dinyatakan sebagai keindahan yang tersembunyi.

Suhu tertinggi di pulau ini 30°C dan terendah sekitar 27°C. Pasir, terumbu karang, dan batu karang merupakan komposisi yang membentuk pulau ini selain pohon kelapa dan cemara laut yang tumbuh subur hampir seluruh daratanya. Kondisi airnya begitu jernih sehingga memungkinkan Anda untuk menyaksikan terumbu karang dari atas kapal. Terumbu karang seperti table coral dan brain coral dapat terlihat di kedalaman 3-10 meter dengan kondisi sangat baik.

Di bawah laut Pulau Tengah ada berbagai faunan laut yang indah seperti gerombolan ikan ekor kuning atau fusilier (Caesionidae) yang berwarna biru, kuning, dan perak. Ada juga ikan snapper, fusiliers dan sweetlips di kedalaman 5-20 meter. Ikan karang seperti butterfly, cardinal, angel, grouper, damselfish, anthias, batfish, wrasse, parrot, surgeon, trigger, box, puffer, dan porcupine di kedalaman 3-17 M. Ikan Dasar seperti flounder, gobies, moray, flathead, blennies, dan scorpion berada di kedalaman 3-20 meter. Biota lain termasuk gurita, udang dan kepiting juga ikut menghuni perairan pulau ini, mereka biasanya dapat ditemukan di kedalaman antara 5-20 meter. Ada juga moluska,  ular laut, penyu, pari,  hiu dan lumba-lumba di kedalaman 5-20  meter.

KULINER

Di pulau ini terdapat sebuah warung makan kecil berbentuk rumah panggung yang menyajikan kelapa muda, ikan bakar, minuman hangat, dan juga gorengan sebagai pelengkap makan siang yang nikmat.
Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing. Anda bisa menikmati ikan-ikan hasil pancingan Anda dengan cara membakarnya di tepi pantai.

AKOMODASI

Tidak seperti di pulau-pulau lainnya di sekitar Kepulauan Karimunjawa yang minus akomodasi, di pulau ini terdapat dua buah resort yang dibangun di antara rindangnya pepohonan kelapa. Walaupun jumlahnya tidak banyak dan fasilitisanya tidak selengkap fasilitas hotel umumnya, keberadaan kedua resort tersebut sangat layak untuk mengakomodasi Anda.

Apabila Anda tidak ingin bermalam di Pulau Tengah maka dapat bermalam di Karimunjawa karena banyak tersedia hotel dan penginapan di sana. Berikut beberapa hotel di Karimunjawa yang bisa menjadi referensi Anda. Kisaran harganya adalah Rp150.000,- hingga Rp500.000,- per malam.

DK Hotel

Hotel ini berjarak sekitar 200 meter dari pantai dengan kamar ber-AC dan kamar mandi di dalam.

Laguna In Hotel

Hotel ini lokasinya di pinggir pantai dengan kamar ber-AC dan kamar mandi di dalam.

Dewadaru Hotel

Jarak hotel ini sekira 5 menit dari Pelabuhan perintis Karimunjawa. Fasilitas yang tersedia berupa AC, TV, dan kamar mandi di dalam.

Karimunjawa Inn

Hotel ini berada di Bukit Kapuran, berjarak sekira 500 meter dari pantai. Hotel ini cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan dan keheningan.

Grand Jati Kerep Beach Resort

Resort ini terbilang baru di Karimunjawa. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

KEGIATAN

Kondisi perairan di sekitar pulau ini cocok bagi penyelam pemula karena tidak terlalu dalam. Kedalaman menyelam maksimum di perairan ini adalah 20 meter. Lokasi menyelam hampir tersebar di setiap sudut pulau. Bagi Anda yang baru pertama kali menyelam, ketika mulai menggunakan peralatan menyelam di atas kapal, perasaan takut, gugup dan senang bergabung menjadi satu menciptakan sensasi pengalaman yang tidak terlupakan. Ketika Anda sudah berada di dalam air dan mulai mengayunkan kaki dan tangan untuk berenang dan siap menjemput berbagai keindahan di dasar laut Pulau Tengah. Jangan heran jika beberapa jenis ikan seolah-olah berhenti untuk menyapa Anda atau ingin mengajak bermain. Anda juga bisa menyaksikan seekor ikan yang nampak malu-malu keluar dari terumbu karang.  Ketika Anda berenang lebih dalam, berbagai bentuk terumbu karang siap memanjakan mata. Mungkin ketika Anda melihat keindahan terumbu karang tersebut, Anda bertanya-tanya bagaimana terumbu karang bisa tercipta seindah itu. Berbagai keindahan tersebut berpadu menjadi satu harmonisasi yang sulit untuk dilupakan.

Selesai menyelam dan snorkeling ataupun berenang, Anda bisa bersantai di atas hammock yang terayun pelan sambil menikmati hebusan angin sepoi-sepoi menyentuh kulit dan menerpa rambut. Anda juga bisa berbaring di atas hamparan pasir sambil menikmati birunya langit di atas Pulau Tengah

Berjarak tidak terlalu jauh dari Pulau Tengah, terdapat sebuah gosong atau yang biasa dikenal dengan Gosong Tengah. Gosong Tengah ini berbentuk dataran pasir putih yang seolah-olah timbul secara alami dari dalam laut. Dataran pasir putih ini memiliki lebar sekitar 3 meter dan panjang tidak sampai 100 meter. Anda bisa berjalan Gosong Tengah ini sambil menyaksikan ikan pari berenang dengan cepat seolah-oleh menggoda Anda. Perairan sekitarnya tidak memiliki ombak jadi sangat cocok untuk aktifitas berenang. Anda juga bisa memancing dan menikmati hasil pancingan Anda langsung di tepi pantai.

Tips
Waktu berkunjung paling baik adalah bulan Mei dan Agustus.
Untuk menjaga kebersihan dan keindahan Pulau Tengah maka dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan dari bungkus makanan yang Anda bawa. Lebih baik bungkus kembali dan buang nanti sekembalinya ke pulau utama.
Bawa perlengkapan obat-obatan yang Anda butuhkan ketika berwisata.


TRANSPORTASI
Untuk mencapai Pulau Tengah, Anda harus terlebih dahulu menuju Karimunjawa. Terdapat beberapa cara untuk sampai ke Karimunjawa yaitu dari Jepara dengan menggunakan Kapal KMP Muria (+62 291 591048) yang setiap Sabtu, Senin, dan Rabu pukul 09:00. Biayanya untuk kelas bisnis Rp63.000,- dan  eksekutif Rp 83.000,-.

Pilihan lain dari Semarang lewat pelabuhan Tanjung Mas dengan KMC Kartini I yang berangkat setiap Sabtu, pukul 9.00 WIB dan Senin, pukul 7.00 WIB. Tarifnya untuk kelas bisnis Rp108.000,- dan eksekutif Rp128.000,-. Kura-kura Resort menyediakan jasa penerbangan ke Karimunjawa menggunakan pesawat CASSA 212 yang berangkat dari bandara Ahmad Yani, Semarang.

Setelah tiba di Karimunjawa, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Tengah dengan kapal motor. Lama perjalanannya sekira 1,5 jam. Sementara itu keberangkatan kapal dari Karimunjawa ke Jepara setiap Minggu dan Selasa pukul 08:00 dan hari Kamis pukul  09:00.

Berikut ini informasi mengenai kapal KMC Kartini I, KMP Muria, dan Kura Kura Resort.

KMC Kartini I
Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Propinsi Jawa Tengah
Jalan Pamularsih No. 28 Semarang

Telp. +62-24 7602952
Fax. +62-24 7622536
KMP Muria
PT ASDP Jepara
Jalan Kolonel Sugiono No.290 Jepara

Telp. +62-291 591048

Kura Kura Resort Booking Office
Jl. Puspogiwang Dalam 1 no 13
501 49 Semarang

Telp. +62 (0)24-766 325 10; +62 (0)24-761 27 07; +62 (0)852 257 398 88 (Emergency)

Fax. +62 (0)24-766 324 19

Email. info@kurakuraresort.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.