PANDUAN KULINER YOGYAKARTA

Juli 31, 2017
PANDUAN KULINER YOGYAKARTA


Yogjakarta adalah kota yang unik. Dipimpin oleh seorang raja (sultan) yang turun temurun, kota ini menawarkan banyak peninggalan budaya dan sejarah. Di sini Anda bisa makan dengan gaya lesehan. Makanana Jogjakarta yang lebih manis mungkin akan mengejutakan Anda untuk pertama kali, tapi banyak orang yang rindu makanan jawa yang enak setelah mencobanya, jadi mungkin Anda punya pengalaman yang sama.

Kota ini manawarkan banyak makanan enak. Dari bakpia, wingko babat, yangko sampai enting-enting kacang, para pengunjung akan puas menemukan banyak pilihan makanan enak di kota ini.


KULINER

Gudeg adalah salah satu makanan andalan Jogjakarta. Makanan ini dibuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional, kadang- kadang dengan telur dan ayam. Kulit sapi, dimasak sampai empuk biasanya di makan bersama dengan gudeg dan nasi. Kebanyakan restoran di Jogjakarta menjual makanan ini.

Alamat-alamat restoran yang patut dikunjungi di Jogjakarta: Kesuma RestaurantTelp +62 274 824 5027Gang Sartono - Jalan Parangtritis (Opposite side Market Prawirotaman)MJ III - 827, Yogyakarta, Indonesia 55143Email : kesuma_restaurant@ymail.comDjogja KafeJalan Kyai Mojo 57 Gadjah WongJalan Gejayan 79D Omah DhuwurJalan Mondorakan 252, Kota Gede Restoran Mbok BerekJalan Kaliurang Km 16 Pakem Restoran Moro SenengJalan Solo 55


Gadjah Wong Garden RestaurantJalan Gejayan Po Box 111 YKBS YogyakartaTelp. +62 274 588294www.gadjahwong.com

Inilah salah satu restoran terbaik sekaligus elegan di Yogyakarta. Menyajikan musik tradisional, jazz, dan lainnya yang ditempatkan di tiga sudut berbeda secara bersamaan dan menemani pengunjungnya hingga selesai menyantap kuliner lezat. Gadjah Wong adalah restoran yang cukup lengkap memadukan ragam kuliner Eropa hingga Asia. Beberapa diantaranya merupakan racikan terbaik koki di Yogyakarta. Pastikan Anda mencicipi Grillied duck nasi kuning yang menjadi andalannya bersama Australian sirloin. Sebelumnya lidah Anda dapat dimanjakan gadjah wong salad yang nikmat.

BERBELANJA

Jogjakarta sangat terkenal dengan kesenian dan kerajinan. Ada banyak pilihan yang dapat di pilih: mulai dari kain batik, kerajinan perak dan perhiasan perak, tembikar sampai ke wayang yang terbuat dari kulit sapi dan kayu. Anda juga bisa membawa beberapa kotak bakpia untuk keluarga dan sahabat anda. Bakpia tidak tahan lama jadi, tanyakan tanggal kadaluarsanya pada penjual.

AKOMODASI

Di padati dengan wisatawan domestik dan internasional, Jogja siap dengan hotel dan penginapan yang tak terhitung jumlahnya. Pilih tempat tinggal yang sesuai dengan keuangan dan kesukaan anda.

KEGIATAN

•     Berjalan-jalan di Jalan Malioboro, jalan ini di penuhi oleh orang- orang yang menjual souvenir- souvenir menarik. Pasar Bering Harjo di jalan Malioboro menawarkan produk-produk yang lebih murah. Jangan lupa untuk menawar setiap barang yang  Anda beli.•    Kunjungi Kota Gede, pusat kerajinan dan perhiasan perak. Anda juga bisa melihat proses pengerjaan perak. Barang yang djual di sini lebih mahal karena lebih istimewa. Untuk mendapatkan perhiasan perak yang biasa namun tetap indah, belilah di Malioboro.•    Kunjungi Kasongan jika anda menyukai kerajinan tembikar.•    Jelajahi kota mulai dari Kraton sampai ke Taman Sari, tempat di mana raja-raja terdahulu dan kelurga mereka menghabiskan hari-hari mereka, berenang dan menikmati hidup.•    Melakukan perjalanan ke candi Borobudur dan Loro Jonggrang (Prambanan) akan sangat menyenangkan sekaligus akan membuat anda berdecak kagum ketika melihat candi-candi yang megah dan agung ini.



Tips
•    Karena banyak hal yang dapat dilihat, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, akan lebih baik jika Anda menggunakan agen perjalanan. Akan lebih menghemat waktu.
•    Di pasar-pasar tradisional dan Malioboro, barang-barang yang dijual dapat ditawar. Jika ragu-ragu, tanyakan apakah barang bisa di tawar atau tidak. Tawar setidaknya setengah harga yang ditawarkan penjual. Jika Anda tidak yakin, tanyakanlah pada penjual lain untuk perbandingan.
•    Jangan pernah membayar pemandu yang tidak berlisensi.
•    Bawa pakaian tipis juga topi jika di butuhkan. Jogjakarta bisa sangat panas.
•    Jika anda ditawari benda-benda yang Anda tidak suka, tegaslah dan katakan tidak.


BERKELILING
Jogakarta merupakan kota kecil. Untuk mengilustrasikan ini, bagi masyarakat Jogjakarta 2 kilometer dianggap sangat jauh. Ketika berada di dalam kota Anda bisa sedikit mengolahragakan kaki Anda, naik andong/ delman, naik bus dan alat transportasi umum, naik taksi atau mencoba bagaimana rasanya naik becak. Jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat menarik di dalam kota, akan lebih baik dengan berjalan kaki. Jika Anda ingin menikmati candi Borobudur yang megah akan lebih baik jika Anda menyewa mobil.

TRANSPORTASI
Agar membuat perjalanan lebih mudah dan singkat, Anda bisa menggunakan pesawat dari kota-kota besar seperti Jakarta atau Bali. Dari jakarta dan Bandung Anda juga bisa ke Jogjakarta dengan kereta api selama 8-12 jam. Beberapa agen perjalanan atau penyewaan mobil juga menawarkan perjalanan ke Jogja dari kota-kota besar dengan harga yang terjangkau. Perjalanan akan memakan waktu selama 12 jam dari Jakarta atau Bandung.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.