MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA

MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA



Museum Rekor Dunia Indonesia yang popular dengan sebutan MURI awalnya bernama Museum Rekor Indonesia. Perubahan nama ini bersamaan dengan peresmian galeri Muri di kawasan wisata candi Borobudur tanggal 14 Agustus 2005.

Museum Jamu Jago dan Muri terletak di kawasan industri JAMU JAGO, Srondol, Semarang. Tepatnya di Jalan Setiabudi no. 179 Srondol kurang lebih 12 Km dari Tugu muda.  Museum ini memiliki koleksi foto, slide dan perlatan tradisional pembuatan jamu pada masa lalu. Pendirian dan pelaksanaan kegiatan MURI di dukung sepenuhnya oleh kelompok-usaha JAMU JAGO.

Luas ruang sekitar 600 m2 terdiri dari ruang ekshibisi data dan foto MURI, balai pertemuan dan ruang eskhibisi Museum Jamu Jago yang menampilkan foto-foto dan benda-benda bersejarah perusahaan Jamu Jago yang didirikan pada tahun 1918 di desa Wonogiri, Jawa Tengah oleh TK Suprana.

Museum MURI merupakan tempat dicatatnya data prestasi superlatif yang terjadi di Indonesia. Berdiri 27 Januari 1990 dan diprakarsai Jaya Suprana. Museum ini mencatat lebih dari 1200 rekor hingga Juli 2005. Di sini pengunjung tidak dipungut biaya dan dibuka setiap hari senin sampai jumat dari jam 08.00 sampai 16.00 wib. Hari Sabtu, Minggu atau hari besar tutup. 

Museum MURI menghimpun data-data rekor superlatif yang hadir di Indonesia atau dibuat oleh putera-puteri bangsa Indonesia sebagai inspirasi penggugah semangat untuk selalu berjuang mempersembahkan karsa dan karya yang terbaik di bidang keahlian masing-masing.

MURI merupakan lembaga pertama di Indonesia yang khusus menghimpun data-data rekor superlatif di Indonesia. Rekor-rekor yang diciptakan masyarakat untuk MURI bukan hanya rekor-nasional namun juga rekor-dunia.

Museum Rekor Dunia Indonesia terbuka untuk kunjungan umum tanpa dipungut biaya , setiap hari kerja Senin-Jumat mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00.

KULINER

Semarang memiliki wisata kuliner yang khas dan beraneka ragam. Kuliner khas yang paling terkenal adalah lumpia. Lumpia terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran tepung, bias disajikan dengan digoreng lebih dahulu atau tanpa digoreng. Lumpia selain berisi rebung dapat diisi dengan daging ayam atau sapi yang dirajang kecil-kecil. Juga bias disajikan dengan saos. Sebagai oleh-oleh, makanan yang hanya dapat bertahan selama I hari ini, dapat dibeli di sepanjang Jalan Pandanaran, Jl.Pemuda di depan Pasar raya Sri Ratu atau sepanjang jalan MT.Haryono. Selain lumpia, bandeng presto adalah pilihan lain. Makanan ini adalah ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi biasanya disebut presto. Cara ini dilakukan untuk membuat duri ikan bandeng tersebut menjadi lunak sehingga enak untuk dimakan. Tempat penjualan banding presto ini juga menyediakan yang dipepes, otak-otak, dipanggang ataupun digoreng kremes. Untuk banding presto biasa cara memasaknya cukup digoreng dengan memakai minyak panas. Bandeng dengan kondisi ini dapat disimpan dalam lemari pendingin dalam waktu yang cukup lama. Makanan ini dapat diperoleh di pusat jajan tradisional di sepanjang jalan Pandanaran.Ada juga ganjel rel, yaitu roti berwarna coklat di atasnya dilapisi wijen rasanya manis. Dinamakan ganjel ril karena bentuknya yang besar. Dapat di peroleh di toko roti HO Jalan KH.Wahid Hasyim. Wedang tahu adalah sejenis minuman yang beraroma jahe dan berisi sari tahu. Minuman khas yang bisa menghangatkan tubuh ini bisa diperoleh disekitar jalan Jagalan tepatnya di belakang Kelurahan Jagalan.Tahu Pong, merupakan satu jenis tahu yang bagian luarnya digoreng kering sedang bagian dalamnya berongga. Makanan yang nikmat disantap pada saat panas ini dapat diperoleh di sekitar Jlan Gadjah Mada dan Jalan Depok.Atau Anda pasti mengetahui wingko babat, makanan yang terbuat dari bahan kelapa dan beras ketan kemudian menjadi makanan khas andalan Semarang. Seiring dengan perkembangan jaman wingko diberi citarasa yang lebih beraneka ragam seperti coklat, durian, nangka dan lain-lain. Makanan ini dapat dibeli di pusat jajanan tradisional di jalan Pandanaran, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol dan pusat penjualan Wingko Babat di Jalan Cendrawasih.Berikut ini beberapa tempat kuliner yan gdapat memanjakan selera lidah Anda.

Lumpia Gang Lombok - Jl Gang Lombok Bandeng Presto Duri Lunak Semarang - Jalan Pandanaran No 67 – 69 Semarang, (024) 831 3530 Linda Bakery-Bandeng Surya - Toko Roti, Kue Kering, Es Krim Linda dan Bandeng Surya Semarang kampung kali, Jalan Mayjen Sutoyo N0 85 – 87 Semarang, (024) 841 3545 Toko Wingko Babat Cap Kereta Api - berada di Jalan Cendrawasih No 14 Semarang, (024) 354 2064 Istana Brilliant Simpang Lima - Jl Simpang Lima No 2 Semarang, (024) 845 6456 Bandeng Juwana Duri Lunak Pandanaran - Jl. Pandanaran 57 Semarang, (024) 831 8531 Bonafide Bandeng Duri Lunak & Roti Semarang Pandanaran - Jl Pandanaran 53 Semarang,  (024) 831 3142 Istana Buah dan Bandeng Djoe Pandanaran - Jl Pandanaran 51 Semarang, (024) 831 8663 Lombok Idjoe - Jl. Gajah Mada No.158 Kampung Laut - Jl. Anjasmoro Kompl PRPPTelp.024-7617289 Tung De Blang - Jl Sultan Agung no 107, samping AKPOL Tahu Bakso Wo Ning - Jl Diponegoro, samping SMA 1 Ungaran Sate Pak Kempleng - Jl. Diponegoro No.265 (Ungaran) Serabi Cucur - Sepanjang Jalan Ngampin Ambarawa Kampoeng Kopi Banaran - Jl. Raya Bawen-Solo Km.1,5 Telp.(0298) 7101770 Bandeng Juwana - Jl. Pandanaran No. 57 & 83 - Semarang Wingko Babat - Jl Meranti Barat X/25 Tahu Gimbal - Disepanjang Jalan Pahlawan (setiap malam) Soto Bangkong - Jl Brigjen Katamso telp 024-8412842 Super Penyet - Jln Gajah Mada no 87 Telp 024-7095 5846

BERBELANJA

Ada banyak tempat di Semarang untuk memuaskan hasrat belanja Anda. Mulai dari pakaian, asesoris, hingga makanan. Dari pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan mewah.Pasar tradisional terbesar di Semarang yaitu Pasar Johar berlokasi di pinggir Kali Semarang ini sejak dulu merupakan pusat kegiatan ekonomi warga Semarang. Arsitektur pasar Johar menjulang tinggi berbentuk mirip cendawan yang dirancang  Herman Thomas Karsten, arsitek Belanda tahun 1937. Ciri khusus arsitektur pasar terletak pada atapnya yang berbentuk kolom-kolom mirip cendawan. Atap yang satu dan lainnya saling menaungi dan tidak menyatu. Konstruksi ini memungkinkan udara masuk dari segala penjuru tanpa mesin penyejuk ruangan, sehingga udara segar bisa dinikmati. Ada juga Pasar Gang Baru di daerah pecinan Semarang. Pasar ini terletak disebuah gang ditengah-tengah wilayah pecinan. Letak Pasar Gang Baru berada di antara jalan Beteng dan Gang Belakang, dapat dicapai melalui jalan Sebandaran atau dari Gang Warung. Juga ada jalan kecil yang dapat dilalui oleh pejalan kaki atau kendaraan roda dua melalui Gang Cilik dan Gang Pasar baru. Aktifitas pasar dimulai pada pagi hari sekitar jam 5, pedagang dari berbagai daerah sekitar Semarang berdatangan dan menawarkan berbagai jenis barang di pasar ini. Waktu yang paling ideal mengunjungi pasar ini adalah mulai jam 6 hingga jam 10 pagi. Pasar tradisional yang sudah berumur puluhan tahun ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan makanan, obat - obatan tradisional, pakaian, hingga perlengkapan upacara ritual masyarakat Tionghoa.

AKOMODASI

Berikut ini beberapa hotel terdekat yang dapat dijadikan referensi bagi Anda saat berkunjung ke Museum MURI.Nyata PlasaJl. Setiabudi 16, Semarang(024) 7477113Bukit AsriJl. Setiabudi 5A, Semarang(024) 7475743Bukit PermaiJl. Setiabudi 34, Semarang(024) 7472704Hotel Ciputra  Jalan Simpang Lima, Semarang(024) 8449888 ‎Alam IndahJl. Setiabudi 12 – 14, Semarang(024) 7471911

KEGIATAN

Di sini Anda dapat melihat menghimpun data-data rekor superlatif yang hadir di Indonesia atau dibuat oleh putera-puteri bangsa Indonesia. Selain itu tentunya meilhat juga koleksi foto, slide dan perlatan tradisional pembuatan jamu. Anda juga akan dihibur dengan kesenian karawitan baik yang dilakukan oleh karyawan Jamu tersebut.Di tempat ini dipastikan banyak hal pastinya akan membuat Anda berdecak kagum dengan beragam pencapaian dari putra putri Indonesia. Barangkali ini juga akan menginspirasi Anda untuk memecahkan rekor yang sudah ada atau membuat rekor baru dalam hal lain.

TRANSPORTASI
Ada banyak kendaraan umum atau taxi yang dapat mengantarkan Anda ke kawasan industri JAMU JAGO, Srondol, Semarang. Beberapa taxi yang dapat Anda gunakan adalah: Blue Birds 024-6701234, New Atlas 024- 6591717, Astria Taxi 024-8415444, Sindoro Taxi 024-8444869, Kosti Semarang 024-7613973, Pandu  024-6591234, Centris Multi Persada 024-6723624.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.