KAIMANA

Juli 31, 2017
KAIMANA


Lagu berjudul “Senja di Kaimana” yang dinyanyikan oleh Alfian tahun 70an bisa saja membawa orang berimajinasi akan keindahan Matahari terbenam di tempat ini. Konon sang pencipta lagu terinspirasi setelah  melihat redupnya Sang Surya di pelupuk Pantai Teluk Triton, Kaimana. Bagi masyarakat Kaimana sendiri nyatanya mereka bangga dengan penisbahan “Kota Senja Kaimana”.

Kabupaten Kaimana dahulu masuk Kabupaten Fak-Fak, kemudian mengalami pemekaran pada 2002. Di antara kabupaten lain di Provinsi Papua Barat, Kaimana memiliki luas wilayah terkecil namun Kaimana sendiri dikenal sebagai pusat pertumbuhan kota dan pusat pelayanan masyarakat seperti perdagangan, jasa, kesehatan, pendidikan dan pemerintahan.

Posisinya begitu strategis berbatasan langsung dengan Laut Arafuru sehingga berpotensi dalam bidang perikanan dan kelautan, terutama ikan tangkap, bahkan karenanya Kaimana dikenali sebagai kerajaan ikan. Wilayah ini sekaligus kaya akan kerang mutiara, penyu, hiu dan segala jenis ikan karang. Lansekap yang tak kalah menakjubkan hadir dari perpaduan bukit-bukit karang yang terjal, diselingi lembah curam serta dasar lembah yang landai.

Selain Teluk Triton yang begitu memukau dengan panorama senja, Anda akan disuguhkan pantai-pantai cantik lainnya. Sebut saja Pulau Venue yang terletak di Buruway, pantainya memiliki pasir yang sangat putih dan tentunya terumbu karang yang masih sehat. Pulau Venue merupakan tempat bertelurnya penyu belimbing dan burung maleo. Satwa migran seperti burung pelikan pun secara periodik singgah di pulau ini. 

Pada siang hari di Pulau Venue, Anda dapat melihat kerumunan kelelawar yang bergantungan di pohon cemara. Hewan nokturnal tersebut menunggu sampai malam tiba untuk mencari makan. Di tengah laut terdapat laguna yang merupakan habitat beberapa biota laut.

Lima perairan teluk yang terdapat di Kabupaten Kaimana yakni Teluk Bisari, Teluk Etna, Teluk Avona, Teluk Triton, dan Teluk Argoni memiliki pulau kecil yang dihiasi tebing-tebing karang. Keadaan ini menciptakan panorama indah, sekaligus menghadirkan lokasi yang bebas dari deburan ombak dan angin. Sementara di Teluk Bisari, Anda bisa menjumpai kebun karang yang sangat luas memanjang dari Tanjung Mosimosi ke arah kampung Sisir.


KULINER

Kedai-kedai di Kaimana khususnya penjual sate, biasanya menjajakan sate rusa. Binatang yang satu ini memang sudah masuk ke dalam daftar perburuan Kaimana. Warga memburunya dengan cara yang tradisional yaitu menggunakan jerat. Daging rusa dikatakan memiliki asupan protein yang lebih tinggi dari daging sapi, juga memiliki tekstur yang lebih lembut.

Bakso ikan tenggiri merupakan menu lain yang wajib Anda cicipi. Selain terdapat di beberapa warung di pinggir pantai, bakso ikan tenggiri juga dijadikan menu unggulan oleh beberapa restoran di Kaimana.

Mau coba pencuci mulut khas Kaimana? Ada kue lontar yang ternyata kerap dibuat penduduk yang beragama Islam saat merayakan Idul Fitri. Dibuat dari telur dan susu kental manis seperti pie susu namun tetap disebut kue lontar karena menggunakan alas berupa piring lontar.

BERBELANJA

Jika kabupaten-kabupaten lain di Papua umumnya menawarkan koteka, seni ukir, kalung, busur dan topi cendrawasih sebagai oleh-oleh maka berbeda dengan Kaimana. Di Bandara Utarum Kaimana, Anda bisa membeli salak unggulan yang rasanya lebih enak dari salak pada umumnya. Apabila ingin mencari harga yang lebih murah, silahkan berkunjung ke tempat tinggal juragan salak yang tidak jauh dari bandara.

Minyak lawang yang terbuat dari akar lawang merupakan obat gosong yang berkhasiat untuk mengobati encok, rematik, salah urat, keseleo, gatal-gatal hingga masuk angin. Anda bisa mendapatkannya di Kaimana. 


AKOMODASI

Berikut ini beberapa hotel yang bisa dijadikan opsi untuk Anda menginap di Kaimana.

Bicari Hotel

Jalan Yos Sudarso, Kaimana

Telepon: 0957-21373

Diana Hotel

Jalan Trikora 18, Kaimana

Telepon: 0957-21888

Kaimana Beach Hotel

Jalan Utarum Kroy, Kaimana

Telepon: 0957-21243

Nirmala Hotel

Jalan Brawijaya 1, Kaimana

Telepon: 0957-21230

KEGIATAN

Hal pertama yang bisa Anda lakukan di sini adalah membuktikan indahnya senja yang dibicarakan banyak orang. Jika beruntung, Anda pun bisa menyaksikan langsung tukik-tukik yang menetas dari telurnya, ataupun siklus burung pelikan berkembang biak. Terkadang, burung tersebut lebih memilih bertelur di sini untuk menghindari cuaca ekstrem di habitat asalnya.

Snorkeling di Teluk Triton dan Pulau Aiduma adalah pilihan yang menarik. Anda bisa bertemu dengan ikan napoleon yang berukuran besar, dan beberapa jenis ikan angelfish. Beberapa titik juga ditumbuhi soft coral yang sangat luas dan merupakan makanan ikan yang alami sehingga cocok menghabiskan waktu untuk memancing di sini.


TRANSPORTASI
Perjalanan mencapai Kaimana dapat ditempuh melalui jalur udara dan laut. Terdapat Kapal Penumpang Ciremai dengan kapasitas 1.500 orang yang berlayar dari Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Soekarno Hatta (Makassar), Baubau (Sulawesi Tenggara), Ambon, Tual, Banda (Maluku), serta dari Fak-Fak dua kali dalam sebulan.

Sementara itu, maskapai penerbangan yang melayani rute ke Kaimana adalah Wings Air dengan pemberangkatan dari Sorong dan melayani transit dari Jakarta serta Yogyakarta, Ekspress Air dengan rute Jakarta-Ambon-Kaimana, dan Trigana Air dengan rute Timika-Kaimana. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.