BALIKPAPAN

BALIKPAPAN


Kota ini terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur dan menghadap Selat Makassar. Balikpapan bisa jadi lebih kita kenal karena minyaknya dan bukan tempat wisatanya. Bahkan, ulang tahun kota ini yang jatuh pada 10 Februari merupakan tanggal pengeboran minyak pertama di daerah tersebut dengan bor bernama Mathilda.

Di Balikpapan berkumpul beberapa perusahaan minyak, gas alam dan batu bara. Keberadaan industri pertambangan tersebut telah berdampak pada dibukanya maskapai penerbangan domestik ke Balikpapan dan lebih banyak ketimbang ke ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yaitu, Samarinda. Bandara Sepinggan di Balikpapan juga merupakan titik transit utama menuju ke Bandara Tanjungredep di Berau. Berau adalah titik masuk ke destinasi wisata Kepulauan Derawan.

Selain penerbangan dari banyak maskapai, Balikpapan juga diperlengkapi sejumlah hotel berbintang yang memberikan layanan kelas VIP. Meski begitu, hotel dengan tarif  terjangkau juga banyak tersedia di sekitar kota.

Karena produksi minyak yang besar itu juga, Balikpapan sempat menjadi arena pertempuran sengit selama Perang Dunia II antara Belanda dan tentara Jepang. Sejumlah bunker Jepang serta pemakaman tentara Jepang adalah sisa-sisa sejarah pendudukan Jepang di Indonesia pada 1942-1945.

Selain kilang minyaknya, Balikpapan memiliki cukup banyak tempat wisata. Tiga pantai yang paling populer di sini adalah Pantai Kemala di batas kota; Pantai Manggar sekira 17 km ke arah Timur Balikpapan; dan Pantai Segara Sari yang lebih jauh lagi. Pantai Manggar dilengkapi dengan taman rekreasi dan popular sebagai tujuan wisata keluarga.

Untuk melihat satwa liar, ada Hutan Lindung Sungai Wain dengan luas sekira 10.000 hektar yang menjadi habitat bagi sejumlah hewan langka seperti beruang madu, orang utan dan bekantan. Hutan Lindung Sungai Wain juga merupakan rumah bagi sejumlah tanaman langka. Pilihan terdekat tidak jauh dari Balikpapan terdapat area peternakan buaya bernama Teritip yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Informasi lebih lanjut mengenai potensi wisata Balikpapan dapat Anda kunjungi laman www.pariwisata.balikpapan.go.id.


KULINER

Hotel di Balikpapan memiliki restoran yang baik yang menyuguhkan masakan Indonesia, Eropa, China, atau citarasa khas Asia lainnya.
Untuk wisata kuliner di luar hotel, ada dua pilihan di Balikpapan yang popular. Kawasan kuliner di Bandar Balikpapan terdapat sejumlah kafe dan restoran yang berjajar di sebuah jembatan yang menghadap ke laut. Cocok untuk makan malam bersama sekelompok teman atau keluarga juga untuk makan malam romantis. Kebanyakan kafe hanya buka malam hari. Sementara itu, suguhan wisata kuliner makanan pinggir jalan ada di Melawai. Tempat ini sangat popular di kalangan penduduk setempat karena memiliki pemandangan indah menghadap ke laut.


AKOMODASI

Balikpapan memiliki banyak hotel dan akomodasi kelas atas dan juga kelas bisnis. Beberapa di antaranya adalah berikut ini.  

Novotel Balikpapan Jalan Brigjen Ery Suparjan 2, Balikpapan, Kalimantan TimurTelp.: +62 542 820820Website: www.novotel.com

Hotel Menara Bahtera Jalan Jenderal Sudirman 2, Balikpapan, Kalimantan TimurTelp.:+62 542 738000/ +62 542 731889Website: www.bahterahotel.com

Le Grandeur Hotel Jalan Jenderal SudirmanBalikpapan, Kalimantan TimurTel: +62 542 42-155Website: www.balikpapanlegrandeurhotels.com

Blue Sky HotelJalan Letjen. Soeprapto No. 1 Balikpapan, Kalimantan TimurTel.: +62 542 735844/45 Website: www.blueskybalikpapan.com 

Hotel Pacific BalikpapanJalan Jenderal Ahmad Yani 33Balikpapan, Kalimantan TimurTelp.: +62 542 750888Website: www.hotelpacific.co.id 

Mirama HotelJalan Apt. Pranoto No. 16Balikpapan, Kalimantan TimurTelp.: +62 542 412442Website: www.hotel-mrama.com 

Bukit Damai Indah HotelJalan MT Haryono Ring RoadBalikpapan, Kalimantan TimurTelp.: +62 542 871788, 871892Website: www.bukitdamaiindah.com

KEGIATAN

Saat Anda menyambangi Balikpapan ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti berikut ini.

Pantai Kemala Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Kemala Polda dan paling mudah dijangkau yang terletak di Jalan Sudirman. Masyarakat lokal biasanya datang ke pantai ini untuk menyaksikan Matahari terbenam di Selat Makassar.

Hutan Lindung Sungai WainKawasan konservasi seluas 10.000 hektar di sebelah Utara Balikpapan ini menjadi habitat alami bagi orang utan, beruang madu, dan bekantan. Ketika Anda melakukan perjalanan ke hulu sungai dengan perahu maka dapat melihat binatang-binatang tersebut berkeliaran di sepanjang sungai. Hutan tersebut dapat dicapai melalui Jalan Soekarno-Hatta di km 15, di Kecamatan Karang Joang. Karena tidak ada angkutan umum ke kawasan ini jadi sebaiknya Anda menyewa mobil.

Kilang Balikpapan Mengunjungi Balikpapan dapat diisi dengan melihat kilang minyaknya dari kejauhan. Kawasan kilang minyak ini terletak di Jalan Minyak menuju Teluk Balikpapan yang mencakup area seluas 2,5 km². Aksesnya tertutup untuk umum dan karenanya area ini dilindungi oleh pagar yang kokoh. Akan tetapi, orang-orang dapat melihatnya dari kejauhan di jalan dekat pelabuhan. Meskipun demikian pengambilan foto dilarang di sini.

Pasar KlandasanKlandasan merupakan pasar tradisional yang telah ditata dengan baik dan menarik untuk dikunjungi. Lokasinya di Jalan Sudirman dan pasar ini terdapat banyak dijual buah-buahan, sayuran segar, serta ikan laut, termasuk kepiting, lobster, dan lainnya.

Pasar Inpres Kebun Sayur Meski dinamai Kebun Sayur, pasar ini nyatanya tidak menjual sayur melainkan pusat permata dan kerajinan tangan. Di sini Anda akan menemukan banyak toko penjual berlian, giok, emas, perak, batu berharga, logam, serta lainnya. Kabarnya, permata yang dijual di pasar ini lebih murah daripada di tempat lain di Indonesia. Anda juga dapat menemukan kerajinan khas Dayak berupa souvenir dijual di sini.


TRANSPORTASI
Balikpapan mudah dicapai dari seluruh kota besar di Indonesia. Kebanyakan maskapai penerbangan tersebut adalah penerbangan langsung ke Balikpapan termasuk dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Selain Garuda dan Lion Air, maskapai penerbangan domestik lainnya yang melayani rute Balikpapan adalah Sriwijaya Air, Citilink, dan Air Asia. Sementara itu, maskapai penerbangan internasional yang langsung menuju Balikpapan adalah SilkAir dari Singapura.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.