PANGKALPINANG

PANGKALPINANG


TINJAUAN

Terletak di pantai timur Pulau Bangka, Pangkalpinang adalah kota terbesar di Pulau Bangka sekaligus ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain perannya sebagai pusat pemerintahan, kegiatan ekonomi, dan perdagangan, kota ini juga berfungsi sebagai jalur masuk bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pesona keindahan Bangka dan Belitung.


Ketika Anda turun dari pesawat di Bandara Depati Amir, sebuah marka menyambut hangat Anda bertuliskan "Selamat datang di Serumpun Sebalai Tanah". Kalimat ini juga menjadi slogan Provinsi Bangka Belitung yang heterogen masyarakatnya.


Pangkal atau Pengkal dalam bahasa Melayu berarti pusat atau awal, merujuk pada peran kota ini sebagai pusat industri pertambangan timah. Kota pertambangan yang dahulu kecil ini, sekarang berkembang menjadi pusat komersial pulau dan pelabuhan yang menghubungkan pulau-pulau di sekitarnya. Sementara itu kata 'pinang' mengarah pada tempat ini yang ditumbuhi pohon palem.


Untuk melacak sejarah industri pertambangan timah di Nusantara, Anda dapat berkunjung ke Museum Timah Indonesia yang terletak Jalan Jenderal Achmad Yani No. 17 yang merupakan jantung kota Pangkalpinang. Museum ini menyimpan beragam koleksi besar benda-benda terkait tambang timah dan merupakan satu-satunya museum pertambangan di Asia. Bangunannya sendiri termasuk bangunan bersejarah karena pernah digunakan untuk Perundingan Roem-Royen.


Menutur sejarah, Pangkalpinang sangat kental dengan pengaruh China yang sudah ada sejak awal 1770. Ketika itu Sultan Palembang Darussalam Mahmud Badaruddin II mendatangkan pekerja dari China untuk bekerja di tambang timah. Selanjutnya, buruh China mulai berdatangan dari Siam, Malaka (sekarang hari Malaysia), dan bagian Selatan China. Kebanyakan dari mereka adalah dari Hakka (Khek) etnis dari Provinsi Guang Xi. Para buruh migran tersebut kemudian berbaur dan menikah dengan penduduk setempat. Jadi, etnis China dan Melayu asli merupakan mayoritas penduduk Pangkalpinang saat ini.


Dengan akar budaya China yang kuat, di Pangkalpinang terdapat  Kuil Kwan Tie Miaw yang berdiri indah di Jalan Walikota Syarif Rachman. Awalnya kuil ini disebut Kuil Kwan Tie Bo dan merupakan salah satu kuil tertua di Bangka Belitung yang dibangun tahun 1841. Bersama dengan pasar Mambo dan Singapura Alley yang terletak tidak jauh dari lokasi kuil, area tersebut merupakan Kampung China di Pangkalpinang. Di sini sering digelar berbagai upacara tradisional China seperti salah satunya adalah ritual Pot Ngin Bun yaitu untuk menolak bala dan segala wabah penyakit yang mewabah.


Kota Pangkalpinang menawarkan hamparan pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota Pangkalpinang. Pantai ini juga merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit bersama pasir putih dan air laut biru yang jernih. Ketika air surut, Anda dapat berjalan ke Pulau Punan dan bermain-main di perairannya yang tenang. Tidak terlalu jauh dari Pantai Pasir Padi, sekitar 2,5 km, dapat Anda kunjungi pula Pantai Tanjung Bunga yang merupakan pantai datar dihiasi serentetan formasi batuan besar.



KULINER

Makanan khas Bangka yang patut Anda cicipi adalah martabak bangka yang terkenal. Martabak adalah hidangan populer di Indonesia yang terdiri dari dua jenis, manis dan gurih asin. Martabak bangka yang bercita rasa manis dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu martabak legendaris dan sudah melanglang buana ke seluruh Nusantara. Martabak bangka dikenal juga sebagai terang bulan atau kue pangkal pinang. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi kelezatan martabak ini adalah di Acau Martabak yang terletak di Jalan Walikota Syafie Rachman. Di sini melayani martabak bangka asli atau Hoklopan yang hanya menggunakan gula pasir dan toping wijen.

Hidangan lainnya di Pangkalpinang adalah mie koba yang bercita rasa seafood kuat.

Temukan beragam kuliner lainnya di kota ini yang dapat Anda cicipi. Berikut referensinya.



Mr. Asui Restaurant

Jl. Kampung Bintang Dalam 93/12

Telp : +62 717 423772



Aroma Laut Restaurant

Pantai Pasir Padi,

Telp : +62 0717 4256130



Otak-otak Amui

Jl. Melintas 23,

Telp : +62 813 67735936



Greeng Lesehan

Jl. Ahmad Yani 97 Pangkalpinang

Telp : +62 852 68080773



Restoran Pondok Kelapa

Jl. Pantai Pasir Padi Pangkalpinang

Telp:+62 717 432319



Rose Garden

Jl. Jend. Sudirman No. 175 Pangkalpinang

Telp : +62 0717 95888


BERBELANJA

Jika Anda ingin membawa pulang sepotong kenangan dari Pangkalpinang dan Bangka, pulau ini terkenal dengan kain cual batiknya. Membeli kain ini sebagai buah tangan pastinya harus menjadi prioritas utama Anda. Kain ini merupakan jenis kain yang dibuat dengan keterampilan tangan berpola khas Pulau Bangka. Biasanya pembuatan kian ini memakan waktu sekitar satu minggu untuk menghasilkan dua kain.

Karena Pangkalpinang dijuluki sebagai ibu kota pertambangan timah, jadi Anda dapat mencari beberapa perkakas rumah tangga terbuat dari timah dengan beragam bentuk yang unik dan indah.

Resam kopiah, adalah topi yang terbuat dari pakis atau akar pakis atau akar bahar. Ada juga beragam aksesoris yang terbuat dari karang hitam yang cantik untuk oleh-oleh.

Untuk makanan ringan, ada kue lapis bangka, kemplang dan kue keranjang sebgai kudapan lezat yang Anda harus bawa pulang.

Berikut beberapa toko souvenir yang dapat Anda temukan di Pangkalpinang:



Toko LCK

Jl. Jend. Sudirman No. 21 Pangkalpinang, Bangka

Telp : +62 717 424163



Kain Cual Ishadi

Jl. Jend. A. Yani No. 46 Pangkalpinang, Bangka

Telp : +62 717 431206



Maslina Cual

Jl. Raya Sungailiat No. 17. Pangkalpinang, Bangka

Telp :+62 813 6757 7485



Pewter Koperasi Timah

Jl. Jend. Sudirman No. 51 Pangkalpinang, Bangka

Telp : +62 717 431335


AKOMODASI

Di pusat kota terdapat beberapa hotel dan penginapan yang dapat Anda pilih. Berikut di bawah ini referensinya untuk Anda.



Hotel Menumbing

Jl. Gereja No. 5 Pangkalpinang

Telp. (0717) 422990,422991

Fax. (0717) 424485



Hotel Grand Millenium

Jl. Soekarno Hatta No. 198 A-B Pangkalpinang

Telp. (0717) 437600.

Email : grandmillenium@yahoo.com



Hotel Jati Wisata

Jl. Kartini No. 3 Pangkalpinang

Telp.(0717) 431500, 431700, 431900.



Hotel Sabrina

Jl. Diponegoro No. 73 Pangkalpinang

Telp.(0717) 422424, 423511, 431300.



Penginapan Rachmat

Jl. Yos Sudarso No.1 Pangkalpinang

Telp.(0717) 432735.



Hotel GriyaTirta

Jl. Semabung Lama No. 272 Pangkalpinang

Telp. (0717) 433436, 433437, 433438

Fax. (0717) 423859



Hotel Mitra

Jl. Depati Amir No. 3 Pangkalpinang

Telp. (0717) 439071

Email : hotelmitra@telkom.net



Wisma Timah 88

Jl. Merdeka 88, Pangkalpinang

Telp.(0717) 433300.



Edotel

Jl. Girimaya Bukit Besa, Pangkalpinang

Telp. (0717) 7020835

Fax. (0717) 434835

Email: edotelpkp@yahoo.com


KEGIATAN

Ketika Anda siap untuk menjelajahi Bangka Belitung maka Pangkalpinang adalah jalur masuk utama yang akan menyambut Anda untuk merasakan daya tarik pulau-pulau yang indah ini.

Kota Pangkalpinang menawarkan wisata pantai indah dan kemegahan alam lainnya. Ada juga Akulturasi budaya pribumi dengan pendatang China yang terukir di beberapa bangunan yang terawat dengan baik. Tentunya di sini juga Anda patut bersentuhan dengan tradisinya budayanya.

Tempat ini juga jelas memiliki sejarah sebagai pusat pertambangan timah sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam. Pangkalpinang menghadirkan sejarah pertambangan timah dari zaman kuno sampai ke zaman modern. Anda bisa menemukan informasinya di  Museum Timah Indonesia.



BERKELILING

Pangkalpinang memiliki 4 terminal antarkota yang menghubungkan semua kabupaten di Pulau Bangka. Jika Anda ingin berkeliling dengan menggunakan angkutan umum maka perlu diingat bahwa angkutan umum di sini hanya beroperasi mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Angkutan umum atau secara lokal dikenal sebagai Angkutan Kota (Angkot) terdiri dari 5 rute meliputi: Pangkalpinang-Air Itam (berwarna Hitam), Pangkalpinang-Mentok (berwarna hijau), Pangkalpinang-Pangkalbalam (berwarna Merah), Depati Amir Pangkalpinang-Bandara (berwarna Kuning), dan Pangkalpinang-Selindung (berwarna biru). Biaya transportasi umum ini adalah sekitar Rp2.000,00 hingga Rp3.000,00 per orang.


TRANSPORTASI

Dari Jakarta, terdapat penerbangan setiap hari dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju bandara Depati Amir di Pangkalpinang. Maskapai yang melayani penerbangan ke Pangkalpinang antara lain Garuda Indonesia dan Lion Air. Kota ini juga dapat diakses dari Palembang melalui penerbangan harian yang dilayani oleh Sriwijaya Air.

Pangkalpinang juga dikenal sebagai salah satu pelabuhan utama di lepas pantai Sumatera. Pelabuhan Pangkalbalam bertindak sebagai pelabuhan penumpang yang melayani perjalanan dari dan ke Jakarta dengan feri dan kapal cepat (fastboats) dari dan ke Tanjung Pandan di pulau Belitung. Jadwal kapal dari Tanjung Priok ke Pangkalpinang atau Belinyu di Bangka serta dari Tanjung Priok ke Tanjung Pandan atau Tanjung Rudi Belitung tidak teratur, jadi Anda perlu mengkonfirmasi terlebih dahulu dengan menghubungi administrator pelabuhan.

Alternatif lain dari Palembang, Anda dapat mencapai kota ini dengan perjalanan laut melalui Pelabuhan Muntok, di Bangka Barat. Dibutuhkan sekitar 3 jam dengan jetfoil dari Bom Baru Palembang ke Tanjung Kalian di Mentok, Bangka Barat, dan sekitar 3 jam perjalanan dengan busumum dari Mentok ke Pangkalpinang.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.