MALAM APRESIASI LOMBA PENULISAN ARTIKEL WISATA BAHARI: “ANUGERAH PESONA BAHARI 2015”

November 17, 2015
MALAM APRESIASI LOMBA PENULISAN ARTIKEL WISATA BAHARI: “ANUGERAH PESONA BAHARI 2015”




Malam apresiasi pengumuman dan penyerahan hadiah lomba menulis wisata bahari, Piala Menteri Pariwisata "Anugerah Pesona Bahari 2015" akan digelar pada 17 November 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata. Ini adalah malam penghargaan bagi wartawan yang telah mengikuti Lomba Penulisan Artikel (feature) Wisata Bahari Tingkat Nasional. Penyerahan piala akan diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Lomba ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata melalui www.indonesia.travel bekerja sama dengan Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwarpar) untuk meningkatkan kepedulian wisata bahari dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap jumlah wisatawan yang datang ke Tanah Air. Lomba penulisan artikel ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada wartawan atas tulisan mereka di media terkait promosi pariwisata bahari di Tanah Air.

Kegiatan tersebut akan memperebutkan total hadiah Rp 100 Juta dan Piala Menteri Pariwisata RI “Anugerah Pesona Bahari 2015”, dengan kategori Media Cetak Koran, Media Cetak Majalah dan Media Online. Juara Terbaik I Rp10 juta; Juara Terbaik II Rp8 Juta; Juara Terbaik III Rp7 juta; Juara Harapan I Rp5 juta; Juara Harapan II Rp3,5 juta ; Juara Harapan III Rp2,5 juta.

Lomba Penulisan Artikel (feature) Wisata Bahari bagi wartawan telah dibuka sejak 1 Juli dan ditutup hingga 15 September 2015. Beberapa pihak yang akan dilibatkan dalam dewan juri diantaranya adalah: Didien Junaedy (Ketua Gahawisri), Raymond T Lesmana (Praktisi Bahari), Krishna Nur Pribadi (Dosen Institut Teknologi Bandung), Arifin Hutabarat (Wartawan Pariwisata Senior), serta Esthy Reko Astuty (Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar).

Wartawan dari seluruh Indonesia berhak mengikuti Lomba Penulisan Artikel Wisata Bahari 2015. Tak hanya wartawan pariwisata, wartawan di berbagai bidang lainnya juga diperkenankan mengikuti kompetisi ini.

Kegiatan “Anugerah Pesona Bahari 2015” selain untuk mempromosikan wisata bahari di Tanah Air juga diharapkan dapat mendukung Indonesia sebagai “Poros Maritim Dunia” mengingat negara ini adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 km². Sebagai negara bahari terluas, kondisi geografis Indonesia meliputi kepulauan dengan jumlah total mencapai 17.504 pulau (113.466 pulau terdaftar di PBB). Panjang garis pantai wilayah NKRI sekira 81.000 km² atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia. Dengan semua potensi bahari yang dimilikinya baik di darat maupun di bawah laut maka tidak mengherankan Indonesia sangat memungkinkan menjadi negara terdepan dalam pariwisata bahari dunia.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.