SAYEMBARA ARSITEKTUR NUSANTARA 2: DESAIN DESA NUSANTARA HIJAU

Februari 28, 2015

Setelah sukses menyelenggarakan sayembara bertemakan "Desain Rumah Hijau" pada 2012 dan "Desain Rumah Budaya Nusantara" pada 2013, PT. Propan Raya bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Green Building Council Indonesia dan INIAS Resources Center kembali mengadakan Sayembara Arsitektur Nusantara 2.


Tahun ini tema yang diluncurkan adalah "Desain Desa Nusantara Hijau" yang sejalan program Kemenpar dalam mengembangkan desa wisata di beberapa kawasan potensial di Indonesia. Kajian arsitektur memiliki peran dan memberikan nilai tambah dalam pariwisata karena dapat memperkaya desain hotel, resor, museum dan galeri. Sejalan dengan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mengembangkan 16 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, ide kreatif para arsitek diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk kawasan pengembangan tersebut.


Mempertahankan budaya bukan berarti menghindari modernisasi. Para arsitektur diharapkan mampu menciptakan ikon yang mengikuti tuntutan modern namun tetap mempertahankan keunikan budaya setempat. Prinsip itu yang diterapkan dalam pembangunan rumah singgah atau homestay.


Adapun arsitektur desa wisata yang dapat dikembangkan oleh peserta adalah: Desa Tumori di Nias, Desa Sembalun Lawang di Nusa Tenggara Barat, Desa Sesean Matallo di Sulawesi Selatan, dan Desa Messah di Pulau Komodo. Kriteria penilaian meliputi muatan lokal, muatan desain berwawasan lingkungan, estetika desain, kemudahan untuk direalisasikan, kemudahan untuk dipasarkan, kelayakan ekonomi dan mampu dijadikan bisnis kelanjutkan secara finansial.


Para pemenang akan mendapatkan hadiah total ratusan juga rupiah. Seluruh karya pemenang dan nominasi peserta sayembara akan diterbitkan dalam buku “Eksplorasi Desain Arsitektur Desa Wisata Nusantara” serta ditampikan dalam website khusus.

Pendaftaran via web sampai dengan 28 Februari 2015 dan submit karya sampai dengan 15 Maret 2015.


Untuk informasi selanjutnya dapat mengakses situs: 
www.arsitekturnusantara.propanraya.com
atau berkunjung langsung ke alamat sekretariat penyelenggara berikut ini.


Propan
Jalan Gatot Subroto Km.8, Tangerang, 15810
Tlp. 021-59303333


Green Building Council Indonesia
Jl. RC Veteran 3A/1, Bintaro, Pesanggrahan
Jakarta Selatan Tel. (021) - 34292727


Inias Resource Center
Gedung ADI, Jl. Ciputat Raya No 12A, Pondok Pinang
Jakarta Selatan 12310 Tel. (021) 759 15 161

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.