JAKARTA INTERNATIONAL JAZZ FESTIVAL 2014: JAK JAZZ 2014

November 24, 2014
JAKARTA INTERNATIONAL JAZZ FESTIVAL 2014: JAK JAZZ 2014



Ibukota Jakarta akan diramaikan kembali oleh event Jakarta International Jazz Festival 2014 atau yang lebih dikenal dengan Jak Jazz. Tahun ini lebih istimewa karena pada 24 November-7 Desember, Jak Jazz berlangsung di 6 titik di Jakarta dengan total 20 panggung.

Jak Jazz dianggap sebagai salah satu festival musik terbesar dan paling tersohor di Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir event ini selalu diselenggarakan di dalam ruangan, berbeda dengan tahun ini yang mencoba terobosan membawa alunan musik jazz ke ruang terbuka publik. Beberapa tempat yang disulap menjadi arena konser jazz adalah Desa Budaya Betawi di Setu Babakan, Kota Tua, Waduk Pluit, Pasar Santa, Foundry 8, Black Cat, Amigos, dan area selatan Monumen Nasional untuk acara puncak yang diselenggarakan pada 7 Desember 2014.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Arie Budhiman, mengatakan bahwa Jak Jazz tahun ini disentuh dengan atmosfer berbeda lewat tempat penyelenggaraannya di ruang terbuka.

"Konsep ini diupayakan Pemerintah DKI Jakarta untuk menghibur dan mendidik, termasuk mendidik masyarakat umum. Pada saat yang sama, event ini juga memberdayakan komunitas seni, terutama bagi musisi jazz, tambah Arie Budhiman.

Sebagai pelopor jazz di Indonesia, Jak Jazz menjaga keaslian musik jazz dan sub genre yang dimilikinya seperti traditional jazz, straight ahead, jazz funk, jazz rock, fusion, soul, Brazilian, Latin, modern jazz, ethnic jazz, electronic jazz, crossover jazz, ragtime, dan juga pencampuran unik yang akan dilebur menjadi jazz betawi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, musisi jazz yang akan tampil merupakan mereka yang tak asing lagi di telingan pecinta jazz. Sebut saja Mus Mujiono, Ireng Maulana, Dony Suhendra, Trio Ligro, Troy Kurniawan, Rio Moreno, Lafa Hijau, Anto Juwono, Art Wongkar, Maliq & D Esssentials, Keith Martin, Ivan Nestroman, Rocker Kasarunk, JabalRootz, dan masih banyak lagi.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.