TAKABONERATE ISLAND EXPEDITION VI

Agustus 31, 2014
TAKABONERATE ISLAND EXPEDITION VI


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar kembali menyelenggarakan Takabonerate Island Expedition VI pada 31 Agustus-8 September 2014. Kepulauan cantik ini akan menyuguhkan berbagai pertunjukkan budaya, turnamen dan tentunya keunggulan bahari yang mengagumkan.

Acara didahului oleh penyambutan peserta Takabonerate Island Expedition VI di Pulau Tinabo. Setelah itu, pengunjung akan disuguhkan berbagai atraksi di pulau tersebut, diantaranya transplatasi karang, pelepasan tukik, dan memberi makan anak hiu.

Di hari-hari berikutnya, jangan lewatkan pameran potensi bahari, panggung hiburan, wisata kuliner daerah, dan program peghijauan bertajuk "Sebuah Nama untuk Sejuta Pohon". Anda yang hobi memancing pun dapat mengikuti International Fishing Tournament.

Di penghujung acara, warga setempat akan terlibat langsung dalam upacara penutupan. Mereka diagendakan membawa tari tradisional "Tari Massal To Bajoe, Lautku Hidupku", diikuti atraksi lain seperti ski air, selancar angin, wakeboard, jetski dan lomba kuliner.

Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan satu–satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari  daratan provinsi tersebut. Gugusan pulau berjumlah 123 buah dan memiliki daya tarik utara berupa Taman Nasional Taka Bonerate yang merupakan kawasan terumbu karang (atol) terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Taman nasional ini juga termasuk bagian dari Segitiga Terumbu Karang Dunia yang menarik perhatian dunia internasional.

Selain menyaksikan Matahari terbit dan tenggelam di sepanjang pantainya, tentu kegiatan yang paling menarik di Taman Nasional Taka Bonerate adalah menelusuri keindahan bawah lautnya. Anda bisa berenang, snorkeling, menyelam, berperahu dan bahkan memancing. Waktu terbaik untuk mengeksplorasi adalah pada April hingga Juni dan Oktober sampai dengan Desember setiap tahunnya.

Pecinta budaya juga dapat melihat lebih dekat bagaimana keseharian Suku Bugis dan Suku Bajau di Kepulauan Selayar. Temukan budaya menarik mereka di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu. Sementara itu, Pulau Tinabo sendiri merupakan jantung Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau Tinabo jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan kota dan berada di sana akan membuat Anda merasa di sebuah pulau pribadi yang cantik.

Untuk sampai ke Selayar dan Taka Bonerate, Anda harus meraih Makassar terlebih dahulu. Perjalanan dari Makassar dilanjutkan ke Benteng, kota utama di Kabupaten Kepulauan Selayar. Anda dapat mencapainya menggunakan pesawat terbang ataupun bus umum.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.