FESTIVAL BENGAWAN BOJONEGORO

Agustus 29, 2014
FESTIVAL BENGAWAN BOJONEGORO


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro bersama dengan Dewan Kebudayaan Bojonegoro (DKB), akan menggelar Festival Bengawan Bojonegoro pada 29-31 Agustus 2014. Acara ini dihelat untuk merayakan HUT ke-336 Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Ada tiga lokasi yang dipilih untuk penyelenggaraan festival, yakni di tepian Bengawan Solo dan di lapangan Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, serta di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk.

Nantinyaketiga lokasi akan menampilkan potensi-potensi yang dimiliki Bengawan Solo Bojonegoro seperti wayang kulit, wayang thengul, sandur, kentrung, hingga pameran fosil purbakala hasil temuan di lembah Bengawan Solo. Selain itu, ada berbagai lomba seperti lomba perahu getek, lomba voli dan lomba sepak bola.

Rencananya, puncak festival akan dimeriahkan dengan perahu hias yang melibatkan sekitar 100 perahu tambang. Setiap perahu dihias sesuai dengan karakter masyakarat tepian Bengawan Solo.

Festival Bengawan Bojonegoro akan menghadirkan acara selama 3 hari 3 malam dengan aneka hiburan, budaya dan lomba. Festival ini akan diselenggarakan setiap tahun untuk menggaet wisatawan domestik dan mancanegara.

Dengan mengangkat budaya daerah yang ada, wisatawan diharapkan mengenal budaya Bojonegoro yang unik, salah satunya budaya teplok sebelum membakar batu bata di tepian sungai bengawan, serta kuliner khas Bengawan seperti ikan wader dan ikan Jendil.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.