LOMBA FOTO INDONESIA 2014: INDONESIA BERSATU DALAM KERAGAMAN

April 20, 2014
LOMBA FOTO INDONESIA 2014: INDONESIA BERSATU DALAM KERAGAMAN

Lomba Foto Indonesia kembali hadir tahun ini memperebutkan piala presiden dengan total hadiah 375 juta rupiah. Selain lomba foto, seperti biasa lomba tahun ini juga akan menghadirkan workshop dan pameran foto Indonesia 2014.Selain itu, selama periode lomba akan diadakan workshop foto ke sejumlah daerah untuk mensosialisasikan acara dan juga memberikan pengetahuan praktis fotografi kepada peserta.

Untuk lomba tahun ini LFI 2014 akan mengambil tema “Indonesia Bersatu dalam Keragaman”. Lomba foto ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum Warga Negara Indonesia dengan syarat dan ketentuannya. Peserta yang akan mengikuti lomba Foto Indonesia 2014 wajib memilih kategori lomba yang sesuai dengan pilihannya. Ada tiga kategori yang  tersedia yaitu pelajar, mahasiswa dan umum.  Pengiriman karya foto telah dibuka sejak 20 April 2014 dan ditutup pada 30 Juni 2014 pukul 24.00 WIB.

Dewan juri yang akan dilibatkan dalam LFI 2014 meliputi: John Tefon (Fotografer dan Ahli Photoshop), Agatha Anne Bunanta, ARPS, MPSA, EFIAP/s, UPI-CR4 (Fotografer, Juri Internasional), Jerry Aurum (Fotografer Profesional, Juri Salon Foto), Ebbie Vebri Adrian (Fotografer Profesional), dan  Irma Chantily (Dosen Sejarah Foto IKJ).

Sebagai lomba foto terbesar di Tanah Air, LFI akan memberikan ketentuan khusus dimana karya yang berhak didaftarkan akan dibatasi dengan hasil foto pengambilan sejak 30 Juli 2013 s.d 20 Juni 2014.  Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 7 buah file foto (format JPEG) dengan objek fotografi bebas (alam, ciptaan manusia, adat istiadat, budaya dan lainnya) asalkan dari daerahnya masing-masing sesuai domisili provinsi kartu identitas peserta. Foto dari provinsi lain yang bukan dari domisili peserta maka tidak dapat diikutsertakan dalam penilaian ini. Verifikasi akan dilakukan setelah peserta terpilih sebagai  nominator.

Rencananya panitia akan memilih 150 karya yang akan dipamerkan dan masing-masing 50 karya dari setiap kategori pada bulan Agustus 2014, termasuk 30 nominator yang meliputi: 10 foto kategori pelajar, 10 foto kategori mahasiswa, dan 10 foto kategori umum. 30 nominator akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop fotografi dimana panitia akan menanggung biaya transportasi nominator (dari daerah asal ke Jakarta P.P.) transportasi lokal, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti workshop fotografi. Nama nominator akan diumumkan melalui website www.fotografiindonesia.net pada tanggal 6 Agustus 2014. Seluruh karya foto yang telah diunggah peserta, dapat dilihat setelah tanggal penutupan lomba di website www.fotografiindonesia.net. Pengumuman pemenang lomba foto sendiri akan dilakukan pada 17 Agustus 2014.

Untuk Lomba Foto Indonesia 2014 kali ini menggunakan pendaftaran via  email dengan  pembuatan akun peserta untuk mengirimkan karya foto. Dengan sistem ini mempermudah pengumpulan foto peserta. Selain itu, peserta juga bisa menghapus foto sendiri dan mengunggahnya kembali dengan foto yang baru dengan batas maksimal 7 buah foto untuk setiap kategori.

Untuk mendaftar silakan kunjungi laman berikut.

www.fotografiindonesia.net

Sekretariat Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2014

d/a Sub Direktorat Pengembangan Fotografi, Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya,

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Gedung Film, Jalan M.T. Haryono Kav 47-48, Jakarta 12770

email: info@fotografiindonesia.net

Facebook: facebook.com/INDONESIAFOTOGRAFI/

Twitter : @fotografi_ind   #LFI2014

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.