FESTIVAL TOGEAN 2013

Juli 23, 2013
Pesona Kepulauan Togean akan kian bersinar seiring dilangsungkannya Festival Togean 2013 pada 23-26 Juli 2013. Dengan potensi wisata bahari yang memukau, festival ini akan mengekplorasi keindahan alam di darat dan di bawah laut Togean yang berpadu harmonis dengan keindahan budaya masyarakat lokal. Festival Togean pertama kali diadakan tahun 2008 dan tahun ini akan diikuti perwakilan dari seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah serta dari provinsi tetangga.



Salah satu daya tarik khusus festival ini adalah atraksi menyelam tradisional oleh suku etnis Bajau. Suku Bajau adalah suku asli yang mendiami pulau-pulau sekitar Togean. Mereka akan unjuk kebolehan menyelam tanpa alat bantu penyelaman dan atau pernapasan mekanis. Bahkan, kabarnya mereka dapat menjelajahi dasar laut selama lebih dari satu jam tanpa alat bantu.



Terbentang sejauh 90 km di tengah Teluk Tomini, Kepulauan Togean yang bentangnya berkelok-kelok dan berbukit merupakan keindahan alam penuh warna. Terletak di Kabupaten Tojo Una-una, Kepulauan Togean menawarkan kemegahan wisata bahari yang damai dan memukau.



Kepulauan Togean dapat dicapai dari Kota Gorontalo dengan perahu yang beroperasi dua kali seminggu. Dapat pula dicapai melalui jalur darat dari Tana Toraja (Rantepao), Sulawesi Selatan melalui Mangkutana, Pendolo, Tentena dan Poso kemudian ke Ampana. Perjalanan darat memakan waktu sekira 14 jam. Untuk jalur udara, Sriwijaya Air and Lion Air melayani penerbangan reguler dari Jakarta dan Makassar ke Gorontalo.  Dari Jakarta ke Palu Anda dapat menggunakan pesawat Lion Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia, dari Bandara Sukarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Mutiara di Palu sekitar 3 jam.



Setibanya di Ampana Anda dapat juga langsung datang ke Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean di Jalan Poros Uemalingku Atas, Kecamatan Ampana Kota. Di sana Anda dapat bertanya tentang informasi Taman Nasional Kepulauan Togean.


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak berikut.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toja Una-una 
Jl. Yos Sudarso No. 5, Ampana 
Telp.: +62464 -21925

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.