DIENG CULTURE FESTIVAL IV

Juni 29, 2013

Dieng Culture Festival (DCF) IV kembali digelar pada 29-30 Juni 2013. Berlatarkan panorama pegunungan yang disebut sebagai tempat bersemayamnya para dewa, festival budaya tradisional ini akan dilaksanakan di kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.


Rangkaian acara hari pertama akan ada minum purwaceng, pelepasan balon tradisional, pagelaran seni tari tradisional, pagelaran wayang kulit, dan pesta kembang api. Di hari kedua akan digelar kirab cukur rambut anak gembel, jamasan rambut anak gembel, serta puncaknya prosesi pencukuran rambut anak gembel. Prosesi cukur rambut gembel adalah yang paling menarik sekaligus acara utama dalam rangkaian acara DFC IV. Untuk memeriahkan DFC IV ditampilkan pula nominasi Festival Film Dieng dan gelaran Jazz di atas awan.



DFC IV terlaksana atas kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara dan Kelompok Sadar Wisata "Dieng Pandawa" di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batu. Penyelenggaraan DCF IV ini selain sebagai upaya pelestarian budaya warisan leluhur sebagai jati diri bangsa, juga untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng.


Untuk menuju ke dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, Anda dapat berkendara sekira 3 jam perjalanan dari Yogyakarta atau 25 km dari Wonosobo. Apabila Anda memanfaatkan moda transportasi umum maka dapat menggunakan bus dari Yogyakarta ke Magelang lalu ke Wonosobo. Dari Wonosobo melanjutkan dengan minibus menuju Desa Dieng. Berikutnya kawasan Dieng dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Desa Dieng.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.