TOUR D’KHATULISTIWA 2013: BERSEPEDA MELINTASI GARIS KATULISTIWA

Februari 21, 2013
Untuk melengkapi perayaan Cap Go Meh yang merupakan Tahun Baru Cina, Tour D'Khatulistiwa, siap menyapa masyarakat Kalimantan Barat. Tour D’Khatulistiwa merupakan sebuah kegiatan olah raga sepeda bertaraf internasional yang jalurnya melewati Garis Khatulistiwa di Provinsi Kalimantan Barat. Perlombaan akan dimulai dari Kota Pontianak melintasi Garis Khatulistiwa kemudian mengarah ke Kota Singkawang yang eksotis. Tour D’Khatulistiwa akan berlangsung pada 21 - 25 Februari 2013.


Event ini akan diikuti sekira 300 peserta pria dan wanita yang berasal dari sepuluh negara anggota ASEAN, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Filipina dan Vietnam. Selain itu, ada juga peserta dari Timor Leste dan China turut serta.


Tour D'Khatulistiwa terdiri dari dua kegiatan utama yaitu Pontianak City Road Race dan Singkawang Endurance Challenge. Perlombaan dibagi beberapa kategori, yaitu: Master A (Peserta usia antara 30- 39), Master B (Peserta usia antara 40 sampai 49 tahun), Master C (Peserta berusia di atas 50 tahun), Master Expert (Mantan atlet berusia di atas 35), dan Men Open (Untuk atlet dan non-atlet di atas 17 tahun). Pemenang akan mendapat piala Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan uang tunai totalnya Rp500.000.000,-.


The Pontianak City Road Race merupakan balapan yang menempuh jarak 4.2 km yang akan berlangsung pada 22 Februari 2013. Balapan ini akan berlangsung di jalanan utama Kota Pontianak yaitu dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Gajah Mada kemudian ke Jalan Pahlawan lalu ke Jalan Tanjung Pura dan kembali lagi ke Jalan Diponegoro.


The Singkawang Endurance Challenge merupakan balap sepeda yang sesungguhnya dimana peserta akan bersepeda menempuh jarak sepanjang 153 km yang tediri dari empat etape dan dimulai dari Pontianak ke Singkawang. Etape pertama menempuh jarak 42 km dari Pontianak ke Peniti, kemudian diikuti etape kedua yaitu dari Peniti ke Mempawah dengan jarak 43 km, kemudian etape ketiga menempuh jarak 36 km dari Mempawah ke Sungai Duri dan diakhiri oleh etape ketiga dari Duri ke Singkawang sejauh 32 km.


Selain kegiatan utama, akan ada juga pertunjukan musik dan seni rakyat. Serangkaian kegiatan sosial termasuk gerakan penanaman pohon yang dipimpin oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) di beberapa lokasi sepanjang jalur D'Tour Khatulistiwa.


Tour D'Khatulistiwa diprakarsai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Luar Negeri. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, dan Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru diangkat, Roy Suryo, direncanakan untuk menghadiri acara ini.


Informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman berikut. http://www.tourdekhatulistiwa.com/



Photo Courtesy by . http://www.tourdekhatulistiwa.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.