GEBYAR GAJAH MUNGKUR DI WONOGIRI

Juli 29, 2012
GEBYAR GAJAH MUNGKUR DI WONOGIRI


Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonogiri menggelar acara Gebyar Gajah Mungkur pada 29 Juli-10 Agustus 2014. Acara tersebut akan digelar di Waduk Gajah Mungkur dan merupakan rangkaian acara untuk merayakan Idul Fitri hingga 14 hari setelah bulan Syawal.

Gebyar Gajah Mungkur merupakan kegiatan wisata yang mensinergikan budaya, rekreasi dan olahraga. Perhelatan tahunan ini sudah dilakukan sejak Waduk Gajah Mungkur didirikan tahun 1970-an.

Anda bisa menyaksikan kesenian tradisional maupun modern, sambil menatap indahnya panorama waduk dan Pegunungan Seribu. Jika ingin menyatu dengan alam, Anda dapat berlayar di perairan dan menikmati ikan khas yang didapat dari Waduk Gajah Mungkur.

Acara puncak akan ditutup dengan upacara Andum Ketupat. Prosesi ini melibatkan Bupati Wonogiri dan masyarakat yang mencari nafkah di sekitar Waduk Gajah Mungkur. Mereka akan membagikan ketupat sebagai ucapan terima kasih atas rizki yang diterima, serta simbol Kawulo-Gusti yaitu kebersamaan antara pemimpin dengan rakyat.

Waduk Gajah Mungkur terletak 7 kilometer dari pusat kota Wonogiri. Luasnya mencapai 8800 ha, berfungsi untuk mengairi sawah ke daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen, serta menghasilkan listrik untuk Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur juga melegenda karena pembuatannya harus menenggelamkan 50 desa dan memindahkan 60 ribu jiwa penduduk.

Kini Waduk Gajah Mungkur disulap menjadi tempat rekreasi yang indah. Ada kapal boat untuk mengelilingi perairan dan juga tempat memancing. Pecinta olahraga paralayang pun dapat menjelajah bersama parasutnya di sini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.