KIRAB SENI BUDAYA JAWA BARAT DI SUKABUMI

Maret 31, 2012
KIRAB SENI BUDAYA JAWA BARAT DI SUKABUMI


Kirab Seni Budaya Jawa Barat tahun kedua yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat kali ini akan digelar di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi pada Sabtu, 31 Maret 2012, mulai pukul 08.00 WIB. Acara tersebut akan dimeriahkan pelaku seni dari 8 kabupaten/kota se-Wilayah Priangan II.

Pagelaran seni Jawa Barat tahun ini akan menghadirkan pawai dari 24 materi seni yang diikuti setidaknya 1.000 orang seniman dari beberapa daerah, yaitu: Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, dan Bandung Barat. Dari 24 materi seni yang ditampilkan, diantaranya, yaitu: Seni Genje dari Purwakarta, Angklung Buncis dari Bandung, Ngarak Mapag Panganten dari Bogor, Ngarak Posong dari Cianjur, serta masih banyak lagi lainnya.

Dalam acara ini Anda akan melihat peserta kirab menampilkan materi dengan kemasan menarik dan tampil dengan semangat kompetisi tinggi. Helaran Kirab Seni Budaya Jawa Barat menjadi alternatif pelestarian budaya Jawa Barat dimana melibatkan banyak seniman dan memasukkan berbagai cabang kesenian.

Kirab Seni Budaya Jawa Barat akan digelar bukan hanya di Kota Sukabumi mengingat Disparbud Jabar sudah menyiapkan pawai selanjutnya di Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, dan Kota Banjar. Kirab Seni Budaya Jawa Barat yang pertama sukses digelar pada 2011 di Kabupaten Garut, Kota Depok, Kabupaten Cianjur, dan Kota Cirebon. Kegiatan helaran seni rutin ini diharapkan mampu mempersiapkan seniman agar dapat berperan dan menyukseskan pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis seni-budaya.

Kirab Seni Budaya Jawa Barat bertujuan memberikan motivasi dan rangsangan kreativitas dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan pelaku seni tradisional di Jawa Barat. Jawa Barat sendiri dipetakan dalam 3 zona beda budaya sebagai aset dengan keanekaragaman etnik yang sarat kreasi dan filosofi dari masing-masing zona-nya. Tiga zona budaya tersebut, yaitu: Zona Cirebon, Zona Priangan dan Zona Melayu Betawi. Ragam budayanya meliputi seni tari, musik, teater, seni rupa, hingga adat istiadat yang tersebar luas dari pelosok desa terpencil hingga ke kota besar.

Kirab Budaya Jawa Barat 2012 selain memberikan hiburan edukatif bernuansa seni-budaya kepada masyarakat juga untuk memberikan kesempatan kepada seniman agar dapat tampil dalam forum lebih besar sehingga mereka memperoleh wawasan dan pengalaman seni kemudian gilirannya dapat meningkatkan keterampilan berolah seni.

Informasi lebih lanjut silakan hubungi pihak berikut.
Disparbud Jabar
Jalan RE Martadinata No. 209, Bandung,  Jawa Barat 
Telp : +62 22 7273209, 
Email: disparbud@disparbud.jabarprov.go.id
Website: http://disparbud.jabarprov.go.id/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.