FESTIVAL AL-MUNAWAR DI TERNATE: SHALAT ZUHUR DI BAWAH LAUT

Januari 28, 2012
FESTIVAL AL-MUNAWAR DI TERNATE: SHALAT ZUHUR DI BAWAH LAUT


Festival Al-Munawar akan digelar pada 28 Januari hingga 8 Februari 2012, dipusatkan di halaman Masjid Al-Munawar. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad Saw., dan nantinya diupayakan masuk agenda tahunan di Ternate sebagai upaya pengembangan wisata religi.

Festival Al-Munawar akan dimeriahkan berbagai kegiatan bersifat Islami seperti lomba samra, asrakal, pemilihan dai cilik, lomba azan, dan manasik haji bagi taman kanak-kanak. Ada pula ekspo produk syariah sebagai upaya mendorong berkembangnya usaha syariah di Ternate. Ekspo ini diikuti puluhan peserta dan telah dibuka sejak 28 Januari.

Salah satu acara yang unik dalam festival ini adalah akan adanya shalat Zuhur di bawah laut pada 5 Februari 2012, tepat di perairan belakang Masjid Al-Munawar. Shalat Zuhur itu rencananya dipimpin imam Dr. Wahda dengan pakaian penyelam.

Sebelum kegiatan shalat Zuhur di bawah laut dilakukan, akan ada kegiatan pembersihan laut serta penanaman terumbu karang yang membentuk huruf Al-Munawar dengan melibatkan anggota TNI AL serta komunitas penyelam di Ternate. Kegiatan tersebut juga akan dihadiri sejumlah wisatawan dari Amerika Serikat yang kebetulan berkunjung di Ternate.

Festival Al-Munawar digelar oleh Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Al-Munawar Ternate bekerja sama dengan sejumlah organisasi Islam, TNI-AL, serta komunitas penyelam di Ternate, Maluku Utara.

Masjid Al-Munawar sendiri menjadi kebanggaan masyarakat Ternate, Maluku Utara, dimana selain bangunannya cantik juga lokasinya persis di tepi pantai kawasan Reklamasi Tapak II dengan pemandangan indah Pulau Tidore dan pesisir Halmahera. Dari sini terlihat juga aktivitas Pelabuhan Ahmad Yani Ternate di sebelah utaranya.

Masjid Al-Munawar adalah masjid terbesar di Kota Ternate yang diresmikan pada 5 Agustus 2010. Warga akan berdatangan ke tempat ini untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa saat Ramadhan dengan melihat pemandangan pantai atau sekedar duduk sambil memacing ikan.

Temukan informasi sejenis di alamat berikut.

id-id.facebook.com, http://www.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.