FESTIVAL DANAU SENTANI (FDS) IV: 19-23 JUNI 2011

Juni 19, 2011
Masyarakat Kabupaten Jayapura, Papua, akan menggelar pesta akbar budaya Festival Danau Sentani (FDS) IV pada 19-23 Juni 2011 di Pantai Wisata Kalkhote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Festival Danau Sentani IV akan menghadirkan beragam pesona Papua dengan mengusung tema “Love, Peace And Harmony”. Konsep yang akan ditampilkan dalam FDS 2011, yakni pergelaran budaya, pameran budaya, pameran produk ekonomi, kuliner khas Papua, wisata, berbagai perlombaan dan olahraga air, hingga seminar budaya.

Festival tersebut mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat asli Papua yang dikemas sedemikian rupa menjadi paket-paket budaya yang siap dijual kepada wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan domestik.

Festival Danau Sentani yang mempunyai nilai historis tinggi ini tidak hanya dihadiri masyarakat Kabupaten Jayapura tetapi juga masyarakat dari luar, seperti wisatawan mancanegara yang ingin melihat lebih dekat budaya dan sejarah masyarakat Papua.

Kegiatan tahunan yang dilakukan sejak tahun 2008 itu bakal diramaikan berbagai kegiatan budaya setempat ataupun dari luar yang ingin berpartisipasi. Pameran budaya yang akan ditampilkan adalah benda-benda budaya kawasan Tanah Tabi dan etnis Papua, baik benda bersejarah, ukiran, lukisan, termasuk juga literatur budaya dan sejarah serta dilengkapi film dokumenternya.

Pergelaran budaya Festival Danau Sentani IV juga akan menampilkan berbagai tarian tradisional dan atraksi secara kolosal, suling tambur, lagu daerah, dan berbagai kegiatan budaya lainnya selama lima hari berturut-turut.

Festival Danau Sentani IV juga memperkenalkan potensi budaya Papua khususnya wisata Kabupaten Jayapura, mendorong pengembangan berbagai objek wisata dan mendorong pertumbuhan serta pengembangan investasi khususnya di sektor industri pariwisata.

Pembukaan Festival Danau Sentani IV akan dilakukan di bibir Danau Sentani. Semua peserta akan mendapatkan suguhan panorama danau yang indah dan berbagai tarian tradisional khas Papua yang dibawakan putra-putri setempat.

Persiapan untuk menyukseskan pesta budaya itu sudah dimulai sejak awal 2011, seperti persiapan fisik berupa lokasi pergelaran akbar di Kalkote tersebut. Selain itu telah digelar latihan berbagai atraksi seni budaya khas di Bumi Khenambai Umbai.

Anda yang datang ke festival ini juga akan ditawarkan paket wisata keliling Danau Sentani lengkap dengan pemandunya. Termasuk kuliner khas Papua, berbagai perlombaan air, seminar budaya, dan lainnya.

Sumber: http://travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.